PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBANTUKAN POWERPOINT ISPRING

  • Suphalo Samuel Tjitradi Universitas Lambung Mangkurat
  • Hidayah Ansori Universitas Lambung Mangkurat
  • Kamaliyah Kamaliyah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: pengembangan, LKPD, HOTS, bangun ruang sisi datar

Abstract

Pembelajaran tidak lepas dari adanya perangkat pembelajaran yang disiapkan guru. Perangkat pembelajaran ini salah satunya adalah LKPD. Pada penerapan secara umum kebanyakan guru menggunakan LKPD yang bersifat konvensional yang mana LKPD ini membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah melalui pengembangan LKPD yang memiliki sifat interaktif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan (LKPD) interaktif berbasis HOTS pada materi bangun ruang sisi datar berbantukan PowerPoint Ispring yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yang dilakukan sampai tahap ketiga yaitu define, design, dan develop dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMP Dhammasoka Banjarmasin yang berjumlah 13 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket untuk peserta didik. Validasi dilakukan oleh dua orang validator dan diperoleh rata-rata seluruh aspek sebesar 4,17 dengan kategori valid. Pada uji coba kelompok kecil hasil skor nilai kepraktisan sebesar 90,77% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa (LKPD) interaktif berbasis HOTS pada materi bangun ruang sisi datar berbantukan PowerPoint Ispring yang dikembangkan merupakan (LKPD) yang valid, praktis.

Published
2022-08-16
How to Cite
Tjitradi, S., Ansori, H., & Kamaliyah, K. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERBASIS HOTS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBANTUKAN POWERPOINT ISPRING. JURMADIKTA, 2(2), 91-102. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i2.1425
Section
Articles