PENGEMBANGAN TES FORMATIF SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERBASIS HOTS DENGAN KONTEKS MASJID SULTAN SURIANSYAH

  • Nor Laila Purnama Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Hidayah Ansori Universitas Lambung Mangkurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Formatif, HOTS, Masjid Sultan Suriansyah

Abstract

Pendidikan abad 21 memberikan tantangan kepada guru, siswa, maupun penyelenggara pendidikan. Pada abad ini penting untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, dimana saat ini Indonesia menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum ini juga menuntut dari segi materi pelajaran adanya kebermaknaan, agar dapat menyentuh aspek kehidupan siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui tes dengan konteks budaya setempat. Disisi lain, sebagian siswa kurang mendapati soal yang berkaitan dengan budaya. Salah satu kebudayaan Kalimantan Selatan ialah Masjid Sultan Suriansyah, kebudayaan ini dapat dikaitkan dengan materi matematika yakni materi segitiga dan segiempat, dimana KD dari materi ini merujuk pada KKO HOTS untuk mengarahkan siswa mampu berpikir tingkat tinggi. Oleh karena itu,  tujuan dari penelitian ini menghasilkan tes formatif berbasis HOTS dengan konteks Masjid Sultan Suriansyah pada materi segitiga dan segiempat berbentuk pilihan ganda yang valid. Metode penelitian yang digunakan diadaptasi dari Tessmer yaitu R&D dengan model formative research. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif, diperoleh dari penilaian dan saran dari 3 orang validator. Penelitian ini menghasilkan 22 butir soal berbentuk pilihan ganda, dimana dari segi materi, konstruksi, bahasa, dan aspek tambahan memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat valid serta mendapat VR sebesar 3,69.

Published
2022-08-16
How to Cite
Purnama Sari, N. L., Ansori, H., & Hidayanto, T. (2022). PENGEMBANGAN TES FORMATIF SEGITIGA DAN SEGIEMPAT BERBASIS HOTS DENGAN KONTEKS MASJID SULTAN SURIANSYAH. JURMADIKTA, 2(2), 82-90. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i2.1258
Section
Articles