PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA LEVEL 5 MENGGUNAKAN KONTEKS LAHAN BASAH

  • Amelia Fatmawati Universitas Lambung Mangkurat
  • Chairil Faif Pasani Universitas Lambung Mangkurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: PISA, Level 5, Literasi Matematika, Konteks Lahan Basah

Abstract

PISA merupakan suatu studi yang dilaksanakan tiga tahun sekali oleh OECD. PISA bertujuan untuk mengukur literasi matematika peserta didik. Namun, kemampuan literasi matematika peserta didik Indonesia dalam menjawab soal PISA level 5 masih rendah. Agar matematika menjadi lebih dekat dengan lingkungan peserta didik, maka sebagai salah satu peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik dilakukan pengembangan soal matematika model PISA level 5 menggunakan konteks lahan basah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal matematika model PISA level 5 menggunakan konteks lahan basah yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model Tessmer tipe formative research yang terdiri dari tahap preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test tetapi penelitian ini hanya sampai pada small group. Pada penelitian ini data dikumpulkan menggunakan tes dan angket. Data dianalisis secara kualitatif berdasarkan kritik dan saran validator serta siswa, dan secara kuantitatif berupa skor yang diperoleh dari lembar validasi dan lembar angket kepraktisan soal. Hasil rata-rata total seluruh aspek yang didapat pada penelitian ini adalah 3,66 dengan kategori valid dan 4,04 dengan kategori praktis. Dengan demikian, soal matematika model PISA level 5 menggunakan konteks lahan basah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Published
2022-08-16
How to Cite
Fatmawati, A., Pasani, C., & Hidayanto, T. (2022). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA LEVEL 5 MENGGUNAKAN KONTEKS LAHAN BASAH. JURMADIKTA, 2(2), 73-81. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i2.1242
Section
Articles