PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA: META ANALISIS

  • Syamsa Nura Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hasanuddin Hasanuddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Meta Analisis, Discovery Learning, Kemampuan Penalaran Matematis

Abstract

Kemampuan penalaran matematis (KPM) merupakan komponen penting dalam pembelajaran matematika, namun kenyataan di lapangan KPM masih tergolong rendah di berbagai jenjang pendidikan. Salah satu model pembelajaran yang diyakini efektif untuk meningkatkan kemampuan ini adalah discovery learning (DL), karena mendorong siswa aktif menemukan konsep secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh model DL terhadap kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan meta-analisis. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan alur PRISMA, dengan data diambil dari 10 artikel ilmiah terpublikasi dan dianalisis menggunakan rumus Glass untuk menghitung Effect Size (ES). Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai ES adalah 0,88, yang tergolong dalam kategori besar. Temuan ini menunjukkan bahwa model DL memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di berbagai jenjang pendidikan.

References

Anggraini, A., Syofiana, M., & Ramadianti, W. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berbasis Masalah pada Materi Bilangan Pecahan. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 267–277. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3156

Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871

Astika Desanti, L., Aprilia Lestari, S., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 747–752. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1059

Caesavitri, A., Marsitin, R., & Yuwono, T. (2023). Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 58–70. https://doi.org/10.33503/pristika.v6i1.3700

Eka Widyaningsih, H. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Pariaman. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 9(1), 50–55.

Fadli, M., & Mirna. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik di Kelas SMPN 8 Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(3), 77–82.

Fitriana, N. N., Agoestanto, A., & Hendikawati, P. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Peserta Didik Kelas X ditinjau dari Gaya Berpikir dalam Pembelajaran Core. Unnes Journal of Mathemathics Education, 2(1), 452–465.

Hidayah, A., Rohaeti, E. E., & Sari, I. P. (2024). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Geogebra terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cimahi pada Materi Bangun Ruang Sisi Da. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(3), 517–526. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.23507

Irmawati, V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19(2), 219–226. https://doi.org/10.17509/jap.v29i2.47020

Kholili, A., Shoffa, S., & Soemantri, S. (2021). Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif SIswa : Kajian Meta Analisis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1441–1452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1441-1452

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA 5, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54339/21161

Megia, S., & Fauzan, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Ranah Pesisir. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 10(4), 216–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/pmat.v10i4

Mendrofa, N. K., & Mendrofa, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Pendekatan SAintifik terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Jurnal Education and Development, 10(2), 535–537. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i2

Mirunnisa. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas dengan Model Discovery Learning. Jurnal Numeracy, 6(1), 76–85. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i1.434

Muharramah, S. (2024). Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Model Pembelajaran Konvensional pada Tingkat SMP. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(1), 385–399. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v3i1.2544

Nurmala, R., Samparadja, H., & Salam, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 141–154. https://doi.org/10.36709/JPPM.V6I1.7406

Pahmi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mathematical Reasoning dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah. Jurnal BELAINDIKA, 02(1), 32–40. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.28

Sahrini, Turmudi, & Rahayu, P. (2023a). Pengaruh Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 233–238. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3519

Sahrini, Turmudi, & Rahayu, P. (2023b). Pengaruh Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 233–238. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.3519

Suwarno, Z. H., Kristanti, F., & Soemantri, S. (2022). Meta Analisis : Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Derivat, 9(2), 153–164. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.4240

Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa, S. (2021). Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 256–272.

Zubainur, C. M., Jannah, R., Syahjuzar, S., & Veloo, A. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Menengah Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 21(1), 148–170. https://doi.org/10.32672/si.v21i1.1893

Published
2025-07-16
How to Cite
Nura, S., & Hasanuddin, H. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA: META ANALISIS. JURMADIKTA, 5(2), 49-57. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v5i2.3237
Section
Articles