PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII PADA MATERI POLA DAN BARISAN BILANGAN DITINJAU DARI GENDER
Abstract
Salah satu komponen yang harus dikuasai peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika adalah kemampuan penalaran matematis. Kemampuan penalaran matematis setiap peserta didik pasti berbeda yang salah satunya dipengaruhi oleh gender. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VIII pada materi pola dan barisan bilangan ditinjau dari gender. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan melibatkan satu peserta didik laki-laki dan satu peserta didik perempuan yang memenuhi kategori tinggi pada nilai akademik matematika sebagai subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini ditentukan berlandaskan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini dipilih lima aspek sebagai fokus bahan ukur untuk meneliti kemampuan penalaran matematis peserta didik, yaitu aspek analyze (menganalisis), integrate/synthesize (mensintesis), justify (membenarkan), draw conclusions (menarik kesimpulan), dan evaluate (mengevaluasi). Hasil penelitian ini adalah peserta didik laki-laki dapat memenuhi kelima aspek penalaran matematis. Peserta didik perempuan hanya dapat memenuhi empat dari lima aspek penalaran matematis, adapun aspek analyze (menganalisis) tidak terpenuhi.
References
Akhwan, A., Zulkarnain, I., & Kamaliyah, K. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Siswa Kelas VII SMPN 1 Gambut. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7377
Alhaddad, I. (2012). Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Pada Konsep Kekekalan Panjang. Infinity Journal, 1(1), 31. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.5
Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. In Yogyakarta: Azkiya Publishing.
Asoraya, M. S., & Ruli, R. M. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2412
Briliantio, J., Santosa, N., Ardian, G., & Hakim, L. (2020). Penerapan Convolutional Neural Network untuk Handwriting Recognition pada Aplikasi Belajar Aritmatika Dasar Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas, 05(02), 137–146.
Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika. HUMANISMA : Journal of Gender Studies, 1(2), 73–85. https://doi.org/10.30983/JH.V1I2.220
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Jakarta.
Lestari, I., Prahmana, R. C. I., & Wiyanti, W. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2).
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal An-Nisa :Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (2017). TIMSS 2019 Assesment Frameworks. In TIMSS & PIRLS International Study Center.
Purwanto, Z. A., Yusmin, E., & Yani T, A. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Berdasarkan Dimensi Bernalar Kritis. Academy of Education Journal, 14(2). https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1650
Putri, A. D., & Yuliani, A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MA di Kabupaten Bandung Barat Pada Materi Barisan dan Deret. Journal on Education, 1(2), 400–409. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.80
Quintasari, D., Budayasa, I. K., & Sulaiman, R. (2021). Profil Penalaran Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. MATHEdunesa, 10(3). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p490-496
Rahmawati, K. D., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Pertidaksamaan Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1763
Ramdan, M. G. A., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Phytagoras. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 386–395. https://doi.org/10.31949/EDUCATIO.V8I1.1996
Rochaini, E., Budayasa, I. K., & Setianingsih, R. (2022). Profil Penalaran Relasional Siswa Laki-laki Maskulin dan Perempuan Feminin dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3319–3325. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I3.2698
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. In KBM Indonesia.
Saputra, V. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Sudut dan Garis di MTSN 9 Blitar. UIN SATU Tulungagung.
Shafira, Z. N., Adetia, E., Julaeha, N. S., Pertiwi, Y. A., Devi, D., & Zikri, M. F. A. (2023). Tren Penelitian Kemampuan Penalaran Matematis di Indonesia. Intellectual Mathematics Education (IME), 1(1), 10–22. https://doi.org/10.59108/IME.V1I1.12
Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Ponogoro: CV Nata Karya.
Siregar, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model PACE. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1443
Siswanti, R. E., & Khabibah, S. (2016). Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa, Jurnal Ilmiah Pendidikan MatematikaJurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(5). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v5n2.p%25p
Copyright (c) 2025 JURMADIKTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.