PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM NUMERASI LEVEL 4 BERBASIS ETNOMATEMATIKA SUKU BANJAR
Abstract
Kemampuan numerasi menjadi kompetensi esensial yang wajib dikuasai oleh setiap orang di tengah perkembangan era digital. Hasil survei PISA dan AKM Nasional menunjukkan bahwa pencapaian numerasi masih di bawah standar yang ditargetkan, sehingga menjadi masalah serius dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi level 4 berbasis etnomatematika Suku Banjar yang valid, reliabel, dan praktis untuk melatih kemampuan numerasi peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Metode penelitian ini mengadopsi model pengembangan Plomp, dengan melibatkan 37 peserta didik kelas VII dari SMP Negeri 3 Banjarmasin sebagai subjek uji coba. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, uji keterbacaan, uji coba lapangan, serta respons guru dan peserta didik. Hasil pengembangan instrumen AKM numerasi menunjukkan validasi isi yaitu, 1,00 dan validasi empiris dengan r-hitung lebih dari 0,325. Selain itu, instrumen ini memiliki reliabilitas yang baik dengan koefisien 0,717 dan distribusi tingkat kesukaran yang terdiri dari 30% soal mudah, 30% sedang, dan 40% sukar, dengan daya pembeda cukup hingga sangat baik. Instrumen ini juga dinilai praktis oleh guru dengan skor rata-rata 3,89, sehingga layak digunakan untuk melatih kemampuan numerasi peserta didik kelas VII Sekolah Menengah Pertama.
References
Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., dan Mahardika, L. R. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen.
Aulia, M., Karim, K., dan Hidayanto, T. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Numerasi Konteks Kearifan Lokal Kalimantan Selatan Untuk Siswa Sma. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 143–150. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15505
Aulia, M. P., dan Mutaqin, A. (2022). Pengembangan Instrumen Numerasi pada Konteks Pertanian untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2454–2466. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1562
Chaira, L., dan Hardeli, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Guided Discovery Learning dengan Teknik Probing Prompting Question pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. JPM : Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 16–24. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.807
Dalim, S. F., Syed Aris, S. R., Hoon, T. S., Nadzri, F. A., Deni, S. M., Yahya, N., dan Si, E. M. (2023). Framework for Numeracy and Digital Skills Attributes in Higher Education. Research in Social Sciences and Technology, 8(3), 16–35. https://doi.org/10.46303/ressat.2023.18
Dewi, S., dan Defitriani, E. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Numerasi Berbasis Etnomatematika untuk Siswa SMP Negeri 2 Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(2), 1284–1289. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5231
Erna Novianti, D., Budi Waluya, St., dan Rachmani Dewi, N. (2022). Local Wisdom as an Ethnomathematics Learning Approach (A study on Regency Local Wisdom). Proceedings of International Conference on Science, Education, and Technology, 8(1), 142–148. https://proceeding.unnes.ac.id/ISET/article/view/1741
Estuhono, E. (2022). Research-Based Learning Models in Physics for 21st Century Students. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1803–1814. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1268
Geiger, V., Goos, M., dan Forgasz, H. (2015). A rich interpretation of numeracy for the 21st century: a survey of the state of the field. ZDM, 47(4), 531–548. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0708-1
Gregory, R. J. . (2015). Psychological testing : history, principles, and applications (7 ed.). Pearson.
Kabuye Batiibwe, M. S. (2024). The role of ethnomathematics in mathematics education: A literature review. Asian Journal for Mathematics Education, 3(4), 383–405. https://doi.org/10.1177/27527263241300400
Magdalena, I., Fauziah, S. N., Faziah, S. N., dan Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan Dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(2), 198–214. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mangarin, R. A., dan Caballes, D. O. (2024). Difficulties in Learning Mathematics: A Systematic Review. International Journal of Research and Scientific Innovation, XI(IX), 401–405. https://doi.org/10.51244/IJRSI.2024.1109037
Maulana, M. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Leaflet pada Materi Sistem Sirkulasi Kelas XI MAN I Makassar [Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/8440
Mawaddah, S., Noorbaiti, R., Aulia, M., Eryanto, A. N. E., dan Mahlina, O. (2022). Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Konteks Lingkungan Lahan Basah Khas Kalimantan Selatan. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 24. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12062
Ndiung, S., dan Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94–111. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
OECD. (2023a). PISA 2022 Assessment and Analytical Framework (PISA). OECD. https://doi.org/10.1787/dfe0bf9c-en
OECD. (2023b). PISA 2022 Results: Factsheets Indonesia. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
Prayitno, A. T., Sumarni, S., Syafari, R., Basir, M. A., Febrianti, D., dan Putri, A. (2023). Instrumen Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berbasis Budaya Lokal Kabupaten Kuningan Jawa Barat. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 789–801. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6439
Raj Acharya, B. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11
Rapor Pendidikan. (2024). Rapor Pendidikan Indonesia 2024. https://data.kemdikbud.go.id/publikasi/p/rapor-pendidikan-indonesia/rapor-pendidikan-indonesia-2024
Riyani, R., dan Maizora, S. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65.
Salma, N. F., Utari, F. A., Mareta, D. S., Sitianingrum, P., Izzati, N. A., dan Anggraeni, N. D. (2024). Penggunaan Kata Serapan Dalam Konteks Teknologi Pangan: Tinjauan Atas Laporan Angkatan 2023. Jurnal Bahasa Daerah Indonesia, 1(3), 9. https://doi.org/10.47134/jbdi.v1i3.2683
Sarip, M., Amintarti, S., dan Utami, N. H. (2022). Validitas dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ RdanD). Alfabeta CV.
Suryaningsih, T., Nisa, K., Widiyanto, R., Latip, A. E., dan Siron, Y. (2025). Enhancing Elementary Students’ Numeracy Skills Through The Concrete Pictorial Abstract (CPA) Approach. Journal of Integrated Elementary Education, 5(1), 224–236. https://doi.org/10.21580/jieed.v5i1.25383
Widoyoko, E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Belajar.
Wirawan, N., Nindiasari, H., dan Sukirwan, S. (2024). Pengembangan Instrumen Literasi Numerasi Konten Budaya Banten Materi Perbandingan untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1148–1161. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2634
Yudhi, P., dan Septiani, F. (2024). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Abstrak. Inovasi Pendidikan, 11(1), 59–64. https://doi.org/10.31869/ip.v11i1.5649
Zahrudin, M., Ismail, S., dan Yuliati Zakiah, Q. (2021). Policy Analysis Of Implementation Of Minimum Competency Assessment As An Effort To Improve Reading Literacy Of Students In Schools. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 12(1), 83–91. https://doi.org/10.31764
Zulfiana, S., Gunamantha, I. M., dan Putrayasa, I. B. (2023). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 13–24.
Zulkarnain, I., Noorbaiti, R., Budiarti, I., Badriyah, L., dan Lascoba Pramanata, N. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Numerasi Dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Untuk Mahasiswa Calon Guru Matematika. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 175–184. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i2.14639
Copyright (c) 2025 JURMADIKTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.