PENGGUNAAN MODEL PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS: ANALISIS BIBLIOMETRIK

  • Endang Fadillah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Hasanuddin Hasanuddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Analisis Bibliometrik, Berpikir Kreatif Matematis, Pengajuan dan Pemecahan Masalah

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis (KBKM) adalah proses berpikir yang dapat memberikan berbagai ide atau gagasan yang berbeda-beda, hal ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan baru dan jawaban yang dibutuhkan. Saat ini, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan KBKM. Rendahnya kemampuan siswa dalam meningkatkan KBKM menjadi perhatian bagi peneliti untuk menawarkan model pembelajaran Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model JUCAMA dalam meningkatkan KBKM siswa pada April 2015 hingga April 2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis bibliometrik dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari Google Scholar kemudian dianalisis menggunakan aplikasi Publish or Perish dan VOSviewer untuk mengidentifikasi tren publikasi, kolaborasi peneliti, serta pemetaan topik utama. Dari total 200 dokumen awal yang diminta terkait kata kunci “pengajuan dan pemecahan masalah” dan “kemampuan berpikir kreatif matematis”, hanya 16 artikel yang memenuhi kriteria dua kata kunci tersebut. Setelah dianalisis lebih lanjut, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah studi mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun, dengan puncak pertumbuhan studi pada tahun 2021. Temuan ini memberikan gambaran tentang arah peningkatan terkait penelitian JUCAMA dalam konteks pembelajaran matematika dan potensi penerapannya dalam meningkatkan KBKM siswa.

References

Akmalia, N.N., Pujiastuti, H. dan Setiani, Y. (2016) “Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Tugas Pengajuan Masalah,” Jppm, 9(2), hal. 183–193.

Astria, R.T. dan Kusuma, A.B. (2023) “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis,” Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), hal. 112–119.

Azizah, D. (2024). Pengaruh model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas VIII pada materi lingkaran di SMP Negeri 1 Tambangan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Batubara, H. et al. (2025) “Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Metode Bayes Menggunakan Vos Viewer,” Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(4), hal. 27–35.

Fajrizal, R., Farida, F. dan Fadila, A. (2019) “Penerapan Model Pembelajaran JUCAMA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar,” JURNAL e-DuMath, 5(2), hal. 72–80.

Ferdiani, R.D. et al. (2022) “Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Mengajukan dan Memecahkan Masalah,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), hal. 464. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4215.

Fitri, A. dan Afifah, N. (2019) “Pengaruh Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” Buana Ilmu, 4(1), hal. 151–159.

Irawan, M.D., Tarigan, M.F.A. dan Siregar, Y.H. (2024) Analisis Bibliometrik: Pemetaan Tren Penelitian Menggunakan Aplikasi, Yogyakarta: Deepublish Digital.

Jasmadi, J. et al. (2024) “Pemanfaatan Sistem Algoritma Searching Publish or Perish 8 sebagai Pengembangan Literatur Dosen dalam Menghasilkan Publikasi Ilmiah pada Universitas Al Washliyah Darussalam Banda Aceh,” Kalam: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 12(2), hal. 77–97.

Khaulah, S. (2018) “Penerapan Model Pembelajaran JUCAMA dengan Menggunakan Blok Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat,” Jurnal Pendidikan Almuslim, 6(2).

Kole, P.K. dan Patricia, F.A. (2018) “Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pythagoras Melalui Model JUCAMA,” PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 1(1), hal. 23–31. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i1.300.

Kurniason, H.T. dan Yani, A. (2021) “Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika.

Ladayatmoko, B., Muhtarom, M. dan Indianti, I. (2022) “Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pengajuan dan Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Multiple Solution Task (MST) Siswa Kelas X SMA,” Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(3), hal. 236–240. https://doi.org/10.26877/imajiner.v4i3.9625.

Lutfia, A.L.M., Fathani, A.H. dan Alifiani, A. (2023) “Model Pembelajaran Jucama Berbantuan Media Tangram dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis,” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran, 18(19), hal. 1–10.

Rahmawati, R., Johar, R. dan Hajidin, H. (2019) “Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan dan Pengajuan Masalah Matematika melalui Tipe Soal Open Ended di SMP,” Jurnal Peluang, 7(1), hal. 22–30.

Ramadhaningsih, W., Karim, K. dan Sari, A. (2021) “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Menggunakan Model JUCAMA,” Jurmadikta, 1(3), hal. 82–91. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i3.975.

Ridwan, N.H. (2018) “Pengaruh Penerapan Metode Pengajuan Masalah dan Metode Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa,” Indonesian Journal of Economic Education (IJEE), 1(1), hal. 103–112.

Siswono, T.Y.E. (2005) “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pengajuan Masalah,” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), hal. 1–15.

Waluyo, W.E., Supiyati, S.S. dan Halqi, M. (2020) “Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Model Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa,” Jurnal Elemen, 6(2), hal. 357–366. https://eprints.hamzanwadi.ac.id/5665/.

Wardani, N.R. et al. (2021) “Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan model pembelajaran JUCAMA,” Jurnal Analisa, 7(1), hal. 87–98. https://doi.org/10.15575/JA.V7I1.9904.

Yenni, T.M. (2021) “Pengembangan LKS Berbasis Jucama Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis,” Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 1(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i2.21.

Published
2025-07-16
How to Cite
Fadillah, E., & Hasanuddin, H. (2025). PENGGUNAAN MODEL PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS: ANALISIS BIBLIOMETRIK. JURMADIKTA, 5(2), 96-105. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v5i2.3216
Section
Articles