PENGEMBANGAN TES FORMATIF PIKTOGRAM DAN DIAGRAM BATANG BERBASIS SELF-DIRECTED LEARNING ORIENTED ASSESSMENT (SLOA) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Kurikulum dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penyempurnaan dan perbaikan terus menerus. Dalam pembelajaran materi piktogram dan diagram batang di kelas IV sekolah dasar, penting untuk menerapkan asesmen yang mendorong siswa mandiri dan aktif dalam memantau progres mereka. Guru dapat melakukannya dengan asesmen yang berorientasi pada proses belajar, yaitu asesmen formatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes formatif piktogram dan diagram batang berbasis self-directed learning oriented assessment (SLOA) pada kelas IV yang valid, praktis, dan efektif. Soal tes formatif pada penelitian ini berbentuk uraian yang terdiri dari 2 paket soal tes formatif. Dengan menerapkan pendekatan asesmen yang mendukung kemandirian belajar, diharapkan siswa dapat lebih aktif dalam mengevaluasi proses dan hasil belajar mereka. Uji coba ini dilakukan di SDN Benua Anyar 10 dengan subjek penelitian 14 peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa tes formatif yang dihasilkan valid dengan nilai rata-rata 3,45 dan sangat praktis dengan persentase 82% untuk digunakan dalam pembelajaran, serta mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam menciptakan alat asesmen yang efektif dan mendukung pembelajaran mandiri di sekolah.
References
Ardiansyah, Mawaddah, F. S., & Juanda. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/361%0Ahttps://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/download/361/297
Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website notion: meningkatkan kemampuan berpikit kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52017
Eliza, Fivia; Myori, D. E. (2017). Trainer Pada Pembelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik. Perancangan Aplikasi Fuzzy, 10(1), 72–83.
Farapikatan, D., Pasani, C. F., & Kamaliyah, K. (2024). Pengembangan Tes Formatif Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbasis Etnomatematika Untuk Smp. Jurmadikta, 4(1), 10–22. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.2422
Fatmasari, L. (2024). Pengembangan E-Modul Bebrbasis Etnomatematika Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika.
Fitriyah, S., Wijayanti, A., & Purwaningrum, M. R. (2024). Pelaksanaan Self Assessment Peserta Didik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 121–127. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.377
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Teach cognitive and metacognitive strategies to support learning and independence. High Leverage Practices and Students with Extensive Support Needs, 3(3), 170–184. https://doi.org/10.4324/9781003175735-15
Mok, M. M. C. (2013). Self-directed Learning Oriented Assessments in the Asia-Pacific.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amalia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika : Pengelolaan Penilaian yang Holistik. PT. Citra Intrans Selaras.
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman. (2023). Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Masa Kini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 80–90.
Rikayanti. (2015). Peran Self –Directed Oriented Assessment Sloa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(November), 200–208.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Sarahono, F. R., Lase, A., Laoli, B., & Laoli, E. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Self Directed Learning (SDL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 5(2), 218–224. https://doi.org/10.30596/jppp.v5i2.20962
Sari, R. K., & Avianty, D. (2023). Pengembangan Media Ajar Berbasis Artificial Intelegence Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 6(1), 31–42. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3501
Septina, P., & Sukma, E. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Aplikasi Book Creator Berbasis Model RADEC Pada Materi Menulis Teks Narasi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 7(1).
Sholehah, M. N., Subiantoro, Bubdiyono, A. E., & Muliawan, P. (2023). Penerapan Self-Assessment Dalam Pembentukan Karakteristik Religius Peserta Didik. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 3(1), 58–67. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2940/
Suprihatin, R. (2021). Meningkatkan kemampuan menyajikan data dalam diagram batang melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 168–174. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/53577
Copyright (c) 2025 JURMADIKTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.