META ANALISIS: PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi dampak yang signifikan dari penerapan model PMR terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada jenjang kelas dan materi, khususnya siswa yang ada di jenjang Sekolah Dasar. Metode yang dipakai ialah systematic review dengan teknik meta analisis. Artikel didapat melalui penelusuran menggunakan Google Scholar dari tahun 2015 sampai dengan 2024. Didapat sebanyak 16 artikel yang memenuhi syarat untuk dianalisis. Software Comprehensive Meta-Analysis (CMA) V3.0. dipakai sebagai alat bantu dalam melakukan analisis penelitian ini. Ukuran efek dihitung menggunakan persamaan Hedges dan ditentukan berdasarkan pada model estimasi efek acak. Analisis variasi dalam studi dilakukan dengan mempertimbangkan dua variabel moderator, yaitu tingkatan kelas dan materi yang diajarkan. Temuan dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa ukuran efek secara keseluruhan dari penerapan model PMR terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Dasar ialah sebesar 1,094, menempatkannya dalam kategori efek besar. Temuan dari analisis ini menegaskan bahwa penerapan model pembelajaran PMR memiliki dampak signifikan terhadap kemampuan siswa Sekolah Dasar dalam pemahaman konsep matematika. Berdasarkan tingkatan kelas model pembelajaran PMR paling efektif diterapkan di kelas IV dan berdasarkan materi yang diajarkan model pembelajaran PMR paling efektif diterapkan pada materi Bangun Datar.
References
Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 373-384.
Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Realistic Mathrmatics Education dan OpenEnded. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207-216.
Coe, R. (2002). It's the Effect Size, Stupid. In Educational Research (Issue September, pp), 1-18.
Dewi, N. W., & Agustika, G. N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204-214.
Faisal, B., Lestari, L., & Atmojo, I. R. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Menggunakan Media Realita Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 4(4), 137-144.
Fitriani, K., & Maulana. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40-52.
Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistik Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
Ibra, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 27-38.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.
Lisnani, L. (2019). Pemahaman Konsep Awal Calon Guru Sekolah Dasar Tentang Pecahan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 61–70.
Muhtadi, D., & Sukirwan. (2017). Implementasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Musharafa : Jurnal Pendidikan Matematika , 6(1), 1-12.
Nunes, T., & Bryant, P. (2000). Learning and Teaching Mathematics,An InternationalPerspective. UK: Psychology Press.
Paloloang, M. F. B. (2021). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa: Studi Meta-Analisis (Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia).
Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan Matematika Realistik . Bandung: Citapustaka Media.
Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Analisis Meta. Sorowajan Baru Yogyakarta: Parama Publishing.
Sari, D. P., Fadiana, M., & Sumadi. (2024). Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. J-PiMat, 6(1), 1151-1160.
Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Kubus Dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14-25.
Sarjiman , P. (2006). Peningkatan Pemahaman Rumus Geometri Melalui Pendekataan Realistik di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 1, 73-92.
Sirait, A. R., & Aziz, Z. (2017). The Realistic Of Mathematic Educational Approach (RME) toward the Ability of the Mathematic Connection of Junior High School in Bukhari Muslim Medan. American Journal of Educational Research, 5(9), 984-989.
Sugriani, A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMR). Jurnal Didactical Mathematics, 1(2), 21-28.
Supiarmo, M. G., Azizah, S., Putrawangsa, S., & Sujarwo, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis PMR pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, vol 3(1), pp 277-284.
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Konstektual. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Uzma, S., Syaharuddin, Mandailina, V., Mahsup, & Abdillah. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa: Sebuah Meta-Analisis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika V (SandikaV), vol. 5, pp 83-94.
Widyastuti, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-14.
Zulfah, Z., Nirmala, G., Fahrul, M. R., Rahma, N., Haryanto, R. M., Agustina, Y., Dermawan, A. (2022). Meta Analisis: Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME). Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 1(1), 1-5.
Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan. Palembang: Unsri.
Copyright (c) 2025 JURMADIKTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.