PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN WORDWALL PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD

  • Nadia Hafsari Universitas Lambung Mangkurat
  • Hidayah Ansori Universitas Lambung Mangkurat
  • Kamaliyah Kamaliyah
Keywords: Media Pembelajaran, Wordwall, Pecahan

Abstract

Pada proses pembelajaran, beberapa peserta didik menghadapi tantangan dalam memahami materi yang diberikan, karena metode pengajaran yang digunakan masih didominasi ceramah, sehingga diperlukan inovasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbantuan Wordwall pada materi pecahan yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket respons, dan tes evaluasi dari 21 peserta didik kelas V di SDN Kuin Cerucuk 3. Hasil uji kevalidan media pembelajaran berbantuan Wordwall yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai berdasarkan hasil validasi ahli oleh dua orang validator, yang menunjukkan bahwa materi dan media termasuk dalam kategori “valid”. Kepraktisan media pembelajaran dinilai berdasarkan tanggapan dari peserta didik dan guru, yang menunjukkan bahwa media tersebut “sangat praktis” untuk digunakan dalam pembelajaran. Kriteria keefektifan dilihat dari hasil tes evaluasi peserta didik setelah menggunakan media, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini “efektif” dalam membantu pemahaman materi pecahan.

References

Anggraeni, N. A. (2012). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Wordwall pada Mata Pelajaran IPA guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. 01.

Angko, N., & Mustaji, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (Seventh). Harper Collins Publishers.

Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif (Pertama). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=SMI0EAAAQBAJ&printsec=frontcover

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini (1 ed.). Gunung Samudera. https://books.google.co.id/books?id=gpYqDwAAQBAJ&printsec=frontcover

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.791

Nasrina, A., Santana Purba, H., & Ichsan Mahardika, A. (2021). Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice. 1(1). https://doi.org/10.20527/cetj.v1i0.4428

Ningtia, M. W., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Matematika Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Kelas II SD. 10.

Norlaila, N., Ansori, H., & Juhairiah, J. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Phet Simulation terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. JURMADIKTA, 4(2), 54–66. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2770

Parisa, M., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Pertidaksamaan Nilai Mutlak Bentuk Linier. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 167. https://doi.org/10.31949/th.v7i2.4351

Pramada, D., & Hajerina, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berdasarkan Kriteria Watson. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 23–32. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.54

Salsabila, S., Anriani, N., & Santosa, C. A. H. F. (2023). Pengembangan E-Modul pada Android Menggunakan Kodular untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8704

Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 13–14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19 ed.). Alfabeta.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208

Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357

Published
2025-07-16
How to Cite
Hafsari, N., Ansori, H., & Kamaliyah, K. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN WORDWALL PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD. JURMADIKTA, 5(2), 70-82. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v5i2.3178
Section
Articles