PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN WORDWALL PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD
Abstract
Pada proses pembelajaran, beberapa peserta didik menghadapi tantangan dalam memahami materi yang diberikan, karena metode pengajaran yang digunakan masih didominasi ceramah, sehingga diperlukan inovasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat diterapkan adalah penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berbantuan Wordwall pada materi pecahan yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini adalah Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket respons, dan tes evaluasi dari 21 peserta didik kelas V di SDN Kuin Cerucuk 3. Hasil uji kevalidan media pembelajaran berbantuan Wordwall yang dikembangkan dalam penelitian ini dinilai berdasarkan hasil validasi ahli oleh dua orang validator, yang menunjukkan bahwa materi dan media termasuk dalam kategori “valid”. Kepraktisan media pembelajaran dinilai berdasarkan tanggapan dari peserta didik dan guru, yang menunjukkan bahwa media tersebut “sangat praktis” untuk digunakan dalam pembelajaran. Kriteria keefektifan dilihat dari hasil tes evaluasi peserta didik setelah menggunakan media, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini “efektif” dalam membantu pemahaman materi pecahan.
References
Anggraeni, N. A. (2012). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Wordwall pada Mata Pelajaran IPA guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. 01.
Angko, N., & Mustaji, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (Seventh). Harper Collins Publishers.
Hapudin, M. S. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran: Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Efektif (Pertama). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=SMI0EAAAQBAJ&printsec=frontcover
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini (1 ed.). Gunung Samudera. https://books.google.co.id/books?id=gpYqDwAAQBAJ&printsec=frontcover
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.791
Nasrina, A., Santana Purba, H., & Ichsan Mahardika, A. (2021). Media Interaktif Berbasis Web pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Lengkung dengan Metode Drill and Practice. 1(1). https://doi.org/10.20527/cetj.v1i0.4428
Ningtia, M. W., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Matematika Materi Kesetaraan Pecahan Mata Uang Kelas II SD. 10.
Norlaila, N., Ansori, H., & Juhairiah, J. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Phet Simulation terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. JURMADIKTA, 4(2), 54–66. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2770
Parisa, M., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro, K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Pertidaksamaan Nilai Mutlak Bentuk Linier. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 167. https://doi.org/10.31949/th.v7i2.4351
Pramada, D., & Hajerina, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Berdasarkan Kriteria Watson. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 23–32. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.54
Salsabila, S., Anriani, N., & Santosa, C. A. H. F. (2023). Pengembangan E-Modul pada Android Menggunakan Kodular untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(1), 1. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.8704
Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi Penggunaan Teknologi dalam Implementasi Kurikulum di Sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 13–14.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19 ed.). Alfabeta.
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357
Copyright (c) 2025 JURMADIKTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.