PENGEMBANGAN ASESMEN FORMATIF MATERI PECAHAN BERBASIS SELF-DIRECTED LEARNING ORIENTED ASSESSMENT (SLOA) DI KELAS IV SD/MI
Abstract
Pembelajaran materi pecahan di kelas IV Sekolah Dasar memerlukan penerapan asesmen yang mendorong siswa mandiri dan aktif untuk memantau progres mereka. Guru dapat melakukannya dengan asesmen yang berorientasi pada proses belajar, yaitu asesmen formatif. Mendukung hal tersebut dirancanglah asesmen formatif berbasis self-directed learning oriented assessment (SLOA) yang terdiri dari lembar tes formatif dan lembar penilaian diri. Tujuan dari penelitian ini, yaitu mengembangkan asesmen formatif berbasis SLOA yang valid, praktis, dan efektif. Dengan menggunakan model pengembangan 4-D, subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV SDN Basirih 11 Banjarmasin, guru wali kelas, dan dua orang validator. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi, angket kepraktisan, dan lembar tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) asesmen formatif berbasis SLOA memenuhi kriteria sangat valid dengan total skor sebesar 155 pada lembar tes formatif dan 129 pada lembar penilaian diri, (2) asesmen formatif berbasis SLOA memenuhi kriteria praktis dengan total perolehan skor angket kepraktisan dari guru sebesar 42, dan (3) asesmen formatif berbasis SLOA efektif untuk digunakan karena terdapat tren peningkatan rata-rata penilaian tes formatif. Dengan demikian, hasil pengembangan asesmen formatif materi pecahan berbasis SLOA di SDN Basirih 11 Banjarmasin ini valid, praktis, dan efektif.
References
Annandale, M., Belkasim, S., Bunt, B. J., Chahine, I. C., de Beer, J., Jacobson, T. E., Jagals, D., Kamanga, E. M., Mackey, T. P., Olivier, J., Reyneke, E. M., & van Tonder, G. (2021). Learning Through Assessment: An Approach Towards Self-Directed Learning (E. Mentz & A. Lubbe, Eds.; Vol. 7). AOSIS. https://doi.org/10.4102/aosis.2021.BK280
Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(3), 486-492.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2), 333-352. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Fasya, A. R., Zurkarnain, I., & Noorbaiti, R. (2023a). Pengembangan Tes Formatif Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Matematika Realistik untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurmadikta, 3(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1457.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Hobri, Susanto, Indah Kristiana, A., Fatahillah, A., Waluyo, E., Alfarisi, R., Setiya Budi, H., & Iqbal Helmi, M. (2022). Buku Panduan Guru Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Pusat Perbukuan Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jurnal Pendidikan West Science, 1(06), 372–378. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i6.455
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. BSKAP Kemendikbudristek.
Lutfiah, Z., Aprimadedi, A., & Putri, W. L. (2024). Pengembangan Asesmen Formatif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Fase A Kurikulum Merdeka Di SDN 15 Koto Besar. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 14(2), 386–390.
Mok, M. M. C. (Ed.). (2013). Self-directed Learning Oriented Assessments in the Asia-Pacific. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4507-0.
Munaroh, N. L. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Memahami Konsep, Fungsi dan Penerapannya. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 281–297.
Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika (Pengelolaan Penilaian yang Holistik). Inteligensia Media.
Putra, R. A. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1).
Rikayanti, R. (2015). Peran Self-directed Oriented Assessment SLOA Dalam Pembelajaran Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35706/judika.v3i2.212
Sari, Z. L. (2023). Pentingnya Penilaian Formatif dalam Memahami Perkembangan Siswa. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(7), 150–158.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children.
Ulfah, A., Pasani, C. F., & Kamaliyah, K. (2021). Pengembangan Tes Formatif Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 48–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10405
Zahroh, F. A. (2023). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kurikulum Merdeka. Prosiding National Conference For Ummah, 2(1), 307–312.
Copyright (c) 2025 JURMADIKTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.