PENGEMBANGAN SOAL TES SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN KONTEKS ETNOMATEMATIKA PASAR TERAPUNG UNTUK SMP/MTs
Abstract
Salah satu cara untuk mengukur pemahaman siswa adalah melalui tes. Penerapan konteks etnomatematika dalam soal tes dianggap dapat mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika, karena soal tersebut dapat dihubungkan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penelitian pengembangan soal tes berbasis etnomatematika ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan soal tes dengan konteks etnomatematika sehingga menghasilkan soal tes dengan materi sistem persamaan linear dua variabel dengan konteks etnomatematika pasar terapung yang valid dan reliabel. Soal tes yang dikembangkan berbentuk uraian dan diuji cobakan di SMP Negeri 1 Banjarmasin dengan melibatkan 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Proses analisis data meliputi validitas logis, validitas empiris, dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Proses pengembangan soal tes dilakukan dengan melalui lima tahapan, yaitu tahap analysis untuk memeriksa kurikulum dan jenjang kelas, tahap design menyusun kisi-kisi dan instrumen, tahap development untuk menyempurnakan kisi-kisi dan instrumen, tahap implementation untuk untuk menguji validitas dan reliabilitas, serta tahap evaluation untuk perbaikan instrumen. (2) Hasil analisis validitas memperoleh soal uraian dengan kategori valid, sementara analisis reliabilitas menunjukkan nilai koefisien dengan kategori reliabilitas tinggi.
References
Acharya, B. R. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8–15. https://doi.org/10.11648/j.ijeedu.20170602.11
Aisahsari, R., & Ermawati, F. U. (2019). Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Four-Tier Diagnostic Test Untuk Materi Arus Listrik Searah. Inovasi Pendidikan Fisika , 8, 565–568.
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran (Pertama). Citapustaka Media.
Azka, H. H. Al., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(224–236).
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Ferita, R. A., & Fitria, M. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SMA. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1628
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2, 169–178.
Hulwani, A. Z., & Yuhana, Y. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Matematika Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) Untuk Siswa SMP. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(2), 1074–1081.
Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta . Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 2619–2627.
Masruroh, Zaenuri, Walid, & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , 6, 1751–1560.
Mukhopadhyay, S., & Roth, W.-M. (Eds.). (2012). Alternative Forms of Knowing (in) Mathematics. Rotterdam. https://doi.org/10.1007/978-94-6091-921-3
Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika (Pengelolaan Penilaian yang Holistik) (Moh. Yamin, Ed.; I). Malang: Inteligensia Media.
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137–152. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702
Qodir, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran (Ngalimun, Ed.; Pertama). Yogyakarta: K-Media.
Ramadhan, M. F., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Validitas and Reliabilitas . Journal on Education , 06, 10967–10975.
Rapono, M., Safrial, S., & Wijaya, C. (2019). Urgensi Penyusunan Tes Hasil Belajar: Upaya Menemukan Formulasi Tes Yang Baik dan Benar. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 95–104. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12227
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. (2017a). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1, 60–65.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. (2017b). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1, 60–65.
Serepinah, M., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural . Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13, 148–157.
Sirate, F. S. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15, 41–54.
Suhartini, & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, II, 105–111.
Widada, W., Herawaty, D., & Lubis, A. N. M. T. (2018). Realistic mathematics learning based on the ethnomathematics in Bengkulu to improve students’ cognitive level. Journal of Physics: Conference Series, 1088, 012028. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012028
Copyright (c) 2025 JURMADIKTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.