PENGEMBANGAN SOAL TES FORMATIF MATEMATIKA GARIS DAN SUDUT BERBASIS ETNOMATEMATIKA RUMAH ADAT BUBUNGAN TINGGI
Abstract
Penggunaan tes formatif dalam pembelajaran matematika termasuk kunci untuk mengukur dan meningkatkan pemahaman peserta didik secara berkelanjutan. Pengembangan tes formatif yang mengaitkan unsur budaya lokal seperti etnomatematika dari rumah adat Bubungan Tinggi masih sangat terbatas. Tujuan utama kajian ini ialah untuk memaparkan proses pengembangan soal tes formatif dengan memperhatikan aspek validitas serta reliabilitas sehingga menghasilkan soal tes formatif matematika yang reliabel dan valid yang bisa dipergunakan sebagai alat evaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi garis dan sudut. Kajian ini mempergunakan metode Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan model pengembangan tipe formative research. Uji coba ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Hulu Sungai Tengah dengan subjek penelitian untuk tahap one-to-one tiga orang peserta didik, untuk tahap small group enam orang peserta didik dan untuk tahap field test 35 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data mempergunakan lembar angket respon peserta didik, lembar validasi dan 15 soal tes fomatif yang berbentuk pilihan ganda disertai dengan penyelesaiannya. Produk yang dikembangkan dinilai oleh dua orang validator ahli sehingga didapat skor validitas logis senilai 3,53 termasuk dalam kategori sangat valid. Uji validitas empiris butir soal didapat sembilan soal valid, enam soal tidak valid dan uji reliabilitas didapat skor 0,657 termasuk dalam kategori reliabilitas tinggi. Sehingga kajian ini menghasilkan sembilan soal tes formatif matematika materi garis dan sudut berbasis etnomatematika rumah adat Bubungan Tinggi untuk SMP/MTs yang valid dan reliabel.
References
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Dr. Ari Wibowo Kurniawan. (2019). Buku Olahraga dan Permainan Tradisional. Malang : Wineka Media.
Erna Labudasari & Eliya Rochmah. (2018). Buku Pengantar Evaluasi Pembelajaran. Cirebon : FKIP-UM Cirebon.
Fajriah, N., Sumartono, & Suryaningsih, Y. (2020). Etnomatematika Budaya Banjar Di Daerah Aliran Sungai Kota Banjarmasin Untuk Literasi Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah.
Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459
Haryanto, M. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta : UNY Press.
Netriwati, N., Lena, M. S., & Jamilah, Y. (2022). Evaluasi Dan Proses Pembelajaran Matematika.
Panglipur, I. R., & Putra, E. D. (2019). Identifikasi Level Kinerja Novice Melalui Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Interpretasi, Analisis). In Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika (Vol. 2, Issue 1).
Pasani, C. F., Ulfah, A., & Kamaliyah. (2021). Pengembangan Tes Formatif Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Untuk Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 48. https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10405
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777
Rino Richardo. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 118–125. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/383/351
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah, H. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Slamet, & Maarif, S. (2014). Pengaruh Bentuk Tes Formatif Assosiasi Pilihan Ganda Dengan Reward Dan Punishment Score Pada Pembelajaran Matematika Siswa SMA. In InfinityJ urnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 3, Issue 1).
Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10342
Yeni Suryani, & Siminto. (2023). Student And Teacher Perceptions Of Extensive Reading Practice. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(2), 9–15. https://doi.org/10.59435/gjmi.v1i2.8
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.