PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAHIT DAN ULAT PADA PECAHAN
Abstract
Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan efektifitas dan motivasi dalam proses pembelajaran, terutama dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid, praktis dan efisien, sehingga dapat memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model pengembangan Plomp, tahapan yang digunakan yaitu preliminary (tahap investigasi awal), design (tahap perencanaan), realization (konstruksi), dan test evaluation revision (tes evaluasi revisi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi, angket respon siswa, angket respon guru dan angket motivasi. Hasil uji kevalidan dengan 3 orang validator didapat 92,67% dengan kriteria sangat valid. Hasil kepraktisan dari angket respon siswa sebesar 92,83% dengan kriteria sangat praktis dan dari angket respon guru didapat sebesar 100% dengan kriteria sangat praktis. Hasil keefektifan didapat kriteria sangat efektif dengan perolehan persentasi sebesar 88,5%. Media pembelajaran “Pahit dan Ulat” yang dikembangkan mendapat kriteria valid, praktis, dan efektif.
References
Akbar, M. I., Ansori, H., Hidayanto, T., (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creatorpada Materi Bentuk Aljabar. Jurmadikta, 3(2), 1-10 https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i2.1407
Aulia, W., Mintohari, (2023), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar, JPGSD. 11(1), 220-234 https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52603
Avelina, S. P., Agustina, T. A. H. (2022), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5682-5689 https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1271
Cahyadi, A., (2019), Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur, Serang: Penerbit Laksita Indonesia
Damayanti, F., Susilawati, Yulianti, S., (2024), Metode Pembelajaran Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta At-taqwa Sambas Tahun Pelajaran 2022-2023, Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(3), 581-589 https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/198
Fajriah, H., Putra, M., J., A., Syahrilfuddin (2022), Pengembangan Media Pembelajaran MUTA (Monopoli Ular Tangga) Dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat, Jurnal Riset Pendidikan Karakter dan Riset, 4(1), 43-48. https://adzkia.ac.id
Husna, F. A., (2023), Pengembangan Media Papan Hitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Penjumlahan Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Surabaya: JRPM, 8(1), 33-49 https://doi.org/10.15642/jrpm.2023.8.1.33-49
Irawan, H., Hakim, M. A. R., (2021), Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs, Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91 – 100. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalphythagoras/article/view/2934
Istiningsih, S., Puji Astria, F., Erfan, M., (2021), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Di Era New Normal, Journal of Elementary Education, 4(6), 911-920 https://doi.org/10.22460/collase.v4i6.9578
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., Sayidiman, (2022), Media Pembelajaran, Badan Penerbit UNM
Rahmi, S., Budiman, A. M., Widyaningrum, A., dkk, (2019), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku, International Journal of Elementary Education, (2019), 3(2), 178-185 https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Santoso, D. T., US, T., (2016), Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan Pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor, Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 8(2), 14-21 https://journal.student.uny.ac.id/index.php/otomotifs1/article/viewFile/2896/2504
Wati, A., (2021), Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 2(1), 68-73 https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728
Widiana, I. W., Parera, N. P., Sukmana, A. I. W. I. Y., (2019), Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Kompetensi Pengetahuan IPA, journal of education technology, 3(4), 315-322 https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22556
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.