PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI SPTLDV BERBASIS ETNOMATEMATIKA PASAR TERAPUNG DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Matematika ialah salah satu ilmu dasar yang penting serta mempunyai beragam kegunaan. Namun, masih terdapat banyak peserta didik yang tidak menyukai matematika serta kesulitan untuk paham terhadap konsep pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan pengembangan LKPD berbasis etnomatematika pasar terapung yang menjadi salah satu usaha dalam membuat kemampuan peserta didik mengalami peningkatan agar paham terhada konsep pembelajaran sekaligus untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya pasar terapung. Pada pembelajaran matematika, terutama materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV), peserta didik masih banyak mengalami kesulitan untuk paham terhadap konsep. Penelitian ini bertujuan guna menghasilkan LKPD dalam materi SPtLDV berbasis etnomatematika pasar terapung di kelas X sekolah menengah atas yang valid. Metode penelitian Research and Development (R&D) yang dipakai menjadi acuan tahapan untuk mengembangkan LKPD yaitu model 4D. Pada pengembangan LKPD ini hanya dilaksanakan hingga tahapan develop (pengembangan), tepatnya uji validitas. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang ahli dan diperoleh persentase rata-rata seluruh aspek penilaian LKPD sebesar 86%, artinya LKPD termasuk kategori sangat valid. Sehingga, dihasilkan LKPD dalam materi SPtLDV berbasis etnomatematika pasar terapung di kelas X sekolah menengah atas yang valid.
References
Aulia, R.N. (2021). Pengembangan LKPD pada Materi SPLDV Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Ayu, W. (2019). Pengembangan LKPD pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Etnomatematika Candi Singosari. Skripsi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Darmayasa, J. B., Wahyudin, W., & Mulyana, T. (2018). Ethnomathematics: The Use of Multiple Linier Regression y=b_1 X_1+b_2 X_2+e in Traditional House Construction Saka Roras in Songan Village. Journal of Physics: Conference Series.
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prosiding Seminar Nasional Matematika 2018 Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Fujiati & Mastur. (2014). Keefektifan Model POGIL Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika.
Helma & Edizon. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait dan Realistik. Jurnal Eksakta Pendidikan.
Irawan, A. & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, Volume 1, No.2, 74-81.
Mustamin, S. H. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 231–239.
Nasution, A.W., Sitorus, R.O., Sipayung, R.S., & Sianturi, W.T. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Melayu. Jurnal Matematika.
Rewatus, A., Leton, S.I., Fernandez, A.J., & Suci, N.M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 04, No. 02.
Sarwoedi, Marinka, D.O., Febriani, P., & Wirne, I.N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 03, No. 02.
Sirate, F.S. (2012). Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, Vol. 15, No. 1, 41-54.
Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah ini disampaikan dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan judul “Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan bagi Guru SMK/MAK” di Ruang Sidang Kimia FMIPA UNY pada tanggal 22 Agustus 2008.
Zhang, W. & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and Its Integration within The Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education, Vol. 3, No. 1, pp. 151-157.
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.