ANALISIS BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) MATERI SEL VOLTA

  • Hamidah Hamidah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Leny Leny Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: berpikir kritis, hasil belajar, sel volta, pendekatan STEM, project based learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui: (1) perbedaan berpikir kritis, (2) perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan, dan (3) respon peserta didik dengan model PjBL melalui pendekatan STEM dan dengan model Ekspositori. Penelitian quasy experiment melalui post-test only control group design ini mengambil peserta didik kelas X RPL B untuk kelas eksperimen dan kelas X KI untuk kelas kontrol di SMKN 2 Banjarmasin sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menggunakan model Project Based Learning dengan pendekatan STEM, sementara kelas kontrol menerapkan model Ekspositori. Instrumen data menggunakan teknik tes dan non-tes yang dilanjutkan dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Diperoleh simpulan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan mengenai berpikir kritis antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar pengetahuan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) pembelajaran model PjBL melalui pendekatan STEM memperoleh respon lebih positif sebesar 88,06% dibandingkan model Ekspositori sebesar 70,00%

References

Binkley, M., Erstad, O., Herman, J., Raizen, S., Ripley, M., Miller-Ricci, M., & Rumble, M. (2012). Defining Twenty-First Century Skills. In P. Griffin, B. McGaw, & E. Care (Eds.), Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Dordrecht: Springer.

Cahyono, B. (2017). Analisis Ketermpilan Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. Jurnal Aksioma. 8(1).

English, L. D., & King, D. T. (2015). STEM Learning Through Engineering Design: Fourth-Grade Students’ Investigations in Aerospace. International Journal of STEM Education. 2(14), 1-18.

Handayani, I. D., Karyasa, I. W., & Suardana, I. N. (2015). Komparasi peningkatan pemahaman konsep dan sikap ilmiah peserta didik SMA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dan project based learning. e-Journal Pascasarjana Undiksha, 5, 1-12.

Hasbie, M., Rusmansyah, & Istyadji, M. (2018). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) dalam Pembelajaran Sistem Koloid untuk Meningkatkan Self Efficacy dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Chemistry and Education, 2(2), 50-56.

Irmita, L. U. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematic (Stem) pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 27-37.

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta.

Kemendikbud. (2019). Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan : Tim Desain Grafis.

Sasmono. (2018). Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Bahasan Hakikat Ilmu Kimia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2).

Sastrika, I., A., K., Sadia, I., W., & Muderawan, I., W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 3

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanti, L., Y., Hasanah, R., & Khirzin, M., H. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA/SMK Pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). 6(2), 32-40

Triastuti, E. (2019). Pembelajaran Berbasis STEM pada Materi Sel Volta untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Adi Karsa Teknologi Komunikasi Pendidikan, 15(16), 33-44.

Tu’u. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Gasindo.

Waluyo, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Mengoperasikan Pengendali PLC di SMK Negeri 1 Madiun. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(3), 455–461.

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 6 (2), 108-117.
Published
2021-06-12
How to Cite
Hamidah, H., Leny, L., & Hamid, A. (2021). ANALISIS BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) MATERI SEL VOLTA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(3), 101-107. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i3.781