PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN APLIKASI SCHEMATIC MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI

  • Meldawati Meldawati Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Syahmani Syahmani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: CPS, aplikasi schematic mind map, berpikir kreatif, hasil belajar, stoikiometri

Abstract

Penelitian ini tentang penggunaan model pembelajaran CPS berbantuan aplikasi schematic mind map pada materi stoikiometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat: (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik (2) perbedaan hasil belajar (3) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan aplikasi schematic mind map. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel penelitian sebanyak 109 peserta didik, yaitu 36 peserta didik kelas X MIA 1, 37 peserta didik kelas X MIA 2 dan 36 peserta didik kelas X MIA 3. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji Kruskal Wallis. Penelitian memberikan hasil bahwa: (1) tampak perbedaan kemampuan berpikir kreatif penggunaan model pembelajaran CPS berbantuan aplikasi schematic mind map lebih baik dibandingkan model CPS berbantuan mind mapping dan model CPS (2) tampak perbedaan hasil belajar pengetahuan peserta didik serta rata-rata hasil belajar sikap dan keterampilan sosial penggunaan model CPS berbantuan aplikasi schematic mind map lebih baik dibandingkan model CPS berbantuan mind mapping dan model CPS (3) penggunaan model CPS berbantuan aplikasi schematic mind map dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik.

References

Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad , A. (2015). Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 296-313.

Fitri, S. G., & Septifiana, V. (2013). Kreativitas Siswa dalam Pembuatan Model truktur 3D Sel pada Pembelajaran Subkonsep Struktur dan Fungsi Sel. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 2(2), 333-338.

Fitriyah, N., Hariani, A. S., & Fikri, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPA Biologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 44-50.

Irliyani, F., Kusasi, M., & Hamid, A. (2018). Implementasi Model Discovery Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Koloid. JCAE Journal of Chemistry and Education, 2(1), 17-24.

Keles, & Ozgul. (2012). Mind maps and scoring scale for environmental gains in science education. Journal of Baltic Science Education, 4(3), 34-43.

Kurniasari, P., & Mardikaningsih, A. (2018). Pengembangan Aplikasi e-MindMaps pada Materi Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Memanfaatkan Groupware Berbasis Android. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 179-186.

Malisa, S., Baikti, I., & Iriani, R. (2018). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Vidya Karya, 33(1), 1-20.

Risna, Hamid, A., & Winarti, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar Menggunakan Model Creative Problem Solving Dilengkapi Laboratorium Virtual Materi Hidrolisis Garam Kelas I IPA 2 SMA PGRI 4. JCAE Journal of Chemistry and Education, 1(1), 131-142.

Risnawati, & Saadi, P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada Materi Larutan Penyangga. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 131-142.

Savitri, E., Saadi, P., & Leny. (2019). Model Pembelajaran CORE Berbentuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan berpikir kreatif Peserta Didik pada Materi Stoikiometri. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 68-75.

Wati, N. N., Leny, & Saadi, P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Multimedia Interaktif pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 4 Banjarmasin. JCAE Journal of Chemistry and Education, 1(1), 104-110.

Widiastuti, Y., & Putri, R. I. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. jurnal pendidikan matematika, 2(2), 13-22.
Published
2020-01-02
How to Cite
Meldawati, M., Iriani, R., & Syahmani, S. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN APLIKASI SCHEMATIC MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(1), 31-39. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.308