PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIKROSKOPIS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN HIDROLISIS GARAM DAN LARUTAN PENYANGGA

  • Hendra Alfian Ari Sandi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Iriani Bakti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: e-modul, mikroskopis, berpikir kreatif, larutan hidrolisis garam, larutan penyangga

Abstract

Penelitian mengenai pengembangan e-modul berbasis mikroskopis untuk melatih keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi larutan hidrolisis garam dan larutan penyangga di SMA Negeri 5 Banjarmasin ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model 4D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 5 Banjarmasin sebanyak 33 orang pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Data diperoleh melalui angket observasi awal, validasi, keterbacaan, angket respon peserta didik dan guru, lembar observasi kompetensi guru menggunakan e-modul dan mengelola kelas serta tes hasil berpikir kreatif. Hasil analisis validitas dari validator menunjukkan e-modul yang dikembangkan berkategori sangat valid. Kepraktisan e-modul yang diuji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan uji coba terbatas menunjukkan kategori sangat praktis. Keefektifan pada uji coba terbatas menunjukkan e-modul yang dikembangkan efektif dengan N-gain berkategori tinggi. Dengan demikian, disimpulkan e-modul praktikum biokimia layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran.

References

Achmad SR, Suparman. Design of e-module with rme approach to improve the creative thinking ability of students. Int J Sci Technol Res. 2020; 9 (3): 5228 – 33.

Agusti, M., Ginting, S. M., & Febrian, S. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Menggunakan Exe-Learning Berbasis Learning Cycle 5e Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2), 198–205. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17240

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Alfitrah, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Adobe Flash Professional Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Kimia Larutan. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 67–80. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i1.8373

Anggreani, P., & Mitarlis. (2021). Student Worksheet Oriented on Mind Mapping To Practice Creative Thinking Skill on Acid Base Material. UNESA Journal of Chemical Education, 10(2), 131–139.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cohen, R. J., & Swerdlik. (2010). Psychology Testing and Assessment: An Introduction to Test and Measurement. New York: McGraw-Hill.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Febriana, F.D., Dan Norida Canda Sakti, Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual Sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh Kelas X IPS, Jurnal PROFIT, 2021, 8 (1): 47-58. http://dx.doi.org/10.36706/jp.v8i1.14057

Febrianingsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1174

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 6(1).

Gola, N., Subiki, S., & Nuraini, L. (2022). Profil Respon Siswa Penggunaan E-Modul Fisika Berbasis Android (Andromo). Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(2), 53. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i2.31558.

Hindun, I., & Husamah, H. (2019). Implementasi STAD-PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Produk Mahasiswa Calon Guru Biologi. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 139-154. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9969

Jumrodah, J., Liliasari, L., Adisendjaja, Y. H., & Sanjaya, Y. (2021). Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa calon guru biologi pada konsep biota laut menuju pembangunan berkelanjutan melalui pembelajaran berbasis proyek. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 98-106. https://doi.org/10.23971/eds.v9i1.2993

Kisminanti, D., Auliandari, L., Dewiyeti, S., Fadillah, E. N., & Wijayanti, T. F. (2022). Hambatan Guru Biologi : Analisis Pemanfaatan Media Informasi Dan Teknologi Pada Implementasi Standar Proses. 6, 53–65. https://doi.org/10.32502/dikbio.v6i1.4780

Muhlis, Ghazali, A., Nurcaya, & Ebe, A. (2022). Evaluasi Peran Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik dalam Menulis Puisi dalam Interaksi Belajar Mengajar di Era Pandemi Covid-19. Jurnal basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.

Muis, A., & Bahri, A. (2018). Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School dalam Blended Learning Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1, 163-171. https://doi.org/10.35580/btl.v1i2.8493

Pramono, A. & Wiratama, F. D. M. (2019). Aplikasi Pengenalan Rumah Adat Indonesia Dengan Konsep 3D Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Konvergensi, 14 (1) : 1-10.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. ALOTROP, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709

Rosanna, D., Yerimadesi, Andromeda, & Oktavia, B. (2021). Validity and Practicality of Salt Hydrolysis E-Module Based on Guided Discovery Learning for SMA/MA Students. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 6(5), 1196–1201. www.ijisrt.com

Sari, I. S., Lestari, S. R., & Sari, M. S. (2021). Preliminary study of guided inquiry-based e-module development based on research results to improve student’s creative thinking skills and cognitive learning outcomes. AIP Conference Proceedings, 2330, 1–7. https://doi.org/10.1063/5.0043320.

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course ELeaning Berbasis Moodle. Vol. II. Yogyakarta: UNY Press.

Syukra, H., & Andromeda, A. (2019). Pengembangan E-modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory untuk SMA/MA. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), 877-886.

Thiagarajan, S., Semmel, M. I., & Semmel, D. S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Torrance, E. P. (1974). Torrance Tests of Creative Thinking: norms and technical manual. Lexington, MA: Personnel Press.

Published
2023-04-15
How to Cite
Sandi, H., Hamid, A., & Bakti, I. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MIKROSKOPIS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN HIDROLISIS GARAM DAN LARUTAN PENYANGGA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(2), 87-97. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i2.1711