IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI MODUL CHEMONDROID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA
Abstract
Penelitian mengenai implementasi model Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi modul Chemondroid terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi tatanama senyawa di SMK Negeri 2 Banjarmasin tahun ajaran 2020/2021. Penelitian bertujuan agar mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif, peningkatan hasil belajar, dan respon peserta didik terhadap implementasi model PjBL berbantuan aplikasi modul Chemondroid pada materi tatanama senyawa. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X Multimedia B di SMK Negeri 2 Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test dengan N-gain sebesar 0,63 dalam kategori sedang, (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan N-gain sebesar 0,76 dalam kategori tinggi, (3) Rata-rata nilai respon peserta didik sebesar 39,49 memenuhi level pada rentang kriteria positif. Sehingga implementasi model Project Based Learning (PjBL) berbantuan aplikasi modul Chemondroid berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMK Negeri 2 Banjarmasin.
References
Adinugraha, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(1). 1-9. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i1.2728
Antika, R. N., & Sulton, N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Pada Mata Kuliah Seminar terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1-10. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i1.3905
Dewi, H. R., Mayasari, T., & Handhika, J. (2019). Increasing Creative Thinking Skills and Understanding of Physics Concepts Through Application of STEM-Based Inquiry. Journal Penelitian Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.26740/jppipa.v4n1.p25-30
Elisabet, E., Stefanus, C. R., & Agustina, T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. Journal of Education, 8(2), 285-291. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448
Hake, R. (1999). Analyzing Gain/ Gain Scores. California: Indiana University.
Lisliana, Hartoyo, A., & Bistari. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Sigitiga di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan Pontianak, 5(11).
Meldawati, Iriani, R., & Syahmani. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Berbantuan Aplikasi Schematic Mind Map untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Stoikiometri. JCAE, Journal of Chemistry And Education, 3(1). https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.308
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.266
Musahrain. (2016). Developing Android-Based Mobile Learning as a Media in Teaching English. Proceeding The 2nd International Conference On Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2(1), 307-313. ISSN : 25002-4124.
Nugroho, G. A., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Project-based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah. Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2). 9-12. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v6i2.20692
Nurmalitasari, A. (2020). Pengembangan Modul Chemondroid Materi Tata Nama Senyawa Untuk Sma/Ma Kelas X. Chimica Didactica Acta, 8(1), 24-28. https://doi.org/10.24815/jcd.v8i1.8388
Permendikbud. (2016). Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Putra, R. D., Rinanto, Y., Dwiastuti, S., & Irfa'i, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Ikuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Proceeding Biology Education Conference, 13(1).
Santi, Leny, & Suharto, B. (2019). Model Project Based Learning Berbantuan Media "Chemondro", Motivasi, dan Hasil Belajar. Jurnal Vidya Karya, 34(2), 122-130. http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v34i2.7384
Sari, R. T., & Anggraeni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa . Jurnal Varia Pendidikan, 30(1), 79-83. http://dx.doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Sholahuddin, A. (2015). In-Depth Learning By Explorinng The Local. Journal Internasional Seminar, 1(11).
Usmanidar. (2019). Meningkatkan Kreativitas Siswa Kompetensi Dasar Membagi Garis Lurus Pelajaran Gambar Teknik Dasar Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Di Kelas X SMK Negeri 5 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Warta Edisi, 59. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i59.350
Wahyu, Rusmansyah, & Sholahudddin, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self Efficacy Siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Vidya Karya, 32(1), 36-44. http://dx.doi.org/10.20527/jvk.v32i1.4147
Wahyuni, H. T. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatan Pemahaman Siswa Pada Materi Rumus Senyawa dan Tata Nama Senyawa Kimia. VARIABEL, 3(1), 1-4. https://dx.doi.org/10.26737/var.v3i1.1714
Widyasari, F., Indriyanti, N. Y., & Mulyani, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kimia dengan Model PjBL Dan PBL Berdasarkan Representasi Tetrahedral Kimia Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(2). 93-102. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i2.16638
Copyright (c) 2022 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.