PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDOKS
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis problem based learning menggunakan perangkat lunak iSpring pada materi reaksi redoks yang valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Uji coba modul elektronik yang dikembangkan ini dilakukan pada peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 7 Banjarmasin Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon, lembar observasi dan tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data yang dilakukan ialah analisis deskriptif. Hasil analisis validitas berdasarkan aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, aspek kelayakan bahasa, dan aspek kelayakan media yang dinilai validator memperoleh hasil dengan kriteria sangat valid. Hasil uji kepraktisan dinilai berdasarkan hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, angket respon peserta didik, angket respon guru, dan aktivitas guru menggunakan modul elektronik masing-masing memperoleh hasil dengan kategori sangat baik. Hasil uji keefektifan berdasarkan tes keterampilan berpikir kritis diperoleh N-gain sebesar 0,90 yang termasuk dalam kategori tinggi dan artinya efektif berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Dapat disimpulkan modul elektronik yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan serta berhasil meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
References
Arends, R. (2012). Learning to Teach. New York: The Me Graw-Hill Company.
Hake, R. (1998). Interactive Engagment Versus Tradisional Methods. A six Thousand Student Survey of Mecanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Physics, 64-74.
Husna, N. A., Zaini, M., & Winarti, A. (2021). The Validity of Biology Module for Senior High School on Grade X in Even Semester Based on Critical Thinking Skills. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 28-38. http://dx.doi.org/10.20527/bino.v3i1.9918
Kartini, P. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 339-346. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i 2.29066
Manurung, H. M. (2021). Pengaruh Modul Kimia Umum Berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada Materi Stoikiometri. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 82-90. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v12i1.10278
Marenden, V., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Pengembangan Sumber Belajar Digital Media Video Untuk Meningkatkan Mutu SDM Guru Melalui Pemanfaatan Teknologi Pada Pembelajaran Tatap Muka Di Era New NormaL. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 66-79. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3270
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.
Meilia, M., & Murdiana, M. (2019). Pendidik Harus Melek Kompetensi dalam Menghadapi Pendidikan Abad Ke-21. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 2(1), 88–104. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i1.19
Rosi, R. A. U., Riki, C., & Habibie, A. (2022). Perancangan Aplikasi Kuis Interaktif berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi & Komunikasi di Kelas X SMA Plus Nurul Ilmi Cibalong. Produktif : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 397–404. https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1003
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 456-462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Ninawati, M., Burhendi, F. C. A., & Wulandari. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Software iSpring Suite 9. Jurnal Educatio, 7(1), 47-54. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.830
Nissa, S. F., & Haryanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 402-409. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.840
Pazlina, N., & Usmeldi. (2020). Pengembangan e-modul dasar-dasar listrik dan elektronika berbasis problem-based learning. Pendidikan Teknik Elektro, 01(01), 71-74. https://doi.org/10.24036/jpte.v1i1.30
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2) 17-32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362
Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1-13. https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah. (2020). Efektifitas e-Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Perserta Didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(2), 180-189. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i2.1709
Winda, S., Saadi, P., & Winarti, A. (2020). Implementasi Problem Based Learning Berkonteks Lahan Basah Pada Materi Stoikiometri. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(3), 97–105. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i3.424
Copyright (c) 2022 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.