PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

  • Tyo Adi Samudera Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Yudha Irhasyuarna Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: model guided discovery learning, kelarutan dan hasil kali kelarutan, hasil belajar, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian tentang penggunaan model guided discovery learning pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan telah dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap penggunaan model guided discovery learning dengan model ekspositori. Rancangan penelitian menggunakan model kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Sampel dua kelas XI IPA dari populasi tiga kelas XI IPA yang ada di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes yaitu tes hasil belajar, tes keterampilan berpikir kritis, dan lembar observasi sikap peserta didik. Instrumen tes mempunyai nilai validitas 1 untuk semua instrumen, nilai reliabilitas 0,50 instrumen tes hasil belajar dan 0,99 untuk instrumen tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan pada hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model guided discovery learning  dengan model ekspositori. Terlihat dari analisis inferensial uji t, dimana thitung > ttabel pada nilai pasca-tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis.

References

Adhim, A. Y., & Jatmiko, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery dengan Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Pada Suhu dan Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). IV(3).

Degeng, I. N. S. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Memasuki Era Demokrasi Belajar. Makalah Disajikan dalam Seminar dan Diskusi Panel Nasional Teknologi Pembelajaran V, tanggal 7 Oktober 2000, di UM.

Duron, R., Limbach, B., & Waugh, W. (2006). Critical Thingking Framework For Any Discipline. Internasional Journal of Theaching and Learning In Higher Education, XVII(2).

Ennis, R. H. (2001). The Nature of Critical Thingking : An Outline of Critical Thingking Depositions and Abilities. University of Illinois.

Fahmi, & Irhasyuarna, Y. (2017). The Misconceptions of Senior High School Students in Banjarmasin on Chemical Bonding. IISTE Journal of Education and Pratice, VII(17).

Handayani, C. F., Sunarto, W., & Sunarti, S. S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Melalui Kegiatan Praktikum Pada Materi Stokiometri Larutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, II(1).

Irhasyuarna, Y. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving Kooperatif Terhadap Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Termodinamika Kimia. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, IV(1).

Mahfuzah, B. A., Munzil, & Utomo, Y. (2018). Evektivitas GDL (Guided Discovery Learning) dan Problem Solving Terhadap KBK (Keterampilan Berpikir Kritis) dan HOTS (Higher Order Thingking Skills). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. III(6).

Nur, M. & Wikandari, P. R. (2000). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: PSMS UNESA.

Purwanto, C. E., Nugroho, E. S., & Wiyanto. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Pemantulan Cahaya untuk Meningkatkan Berpikir Kritis. Unnes Education Journal. I(1).

Sartika, Irhasyuarna. Y, & Leny. (2014). Pengembangan Assessment Berbasis Problem Solving Pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp). QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. V(2).

Sulistyowati, N., Widodo, A. T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry In Education, II(1).

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran : Teori & Aplikasi. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Thohir, M. A., Wasis, & Sugimin, W. W. (2013). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Metode Penemuan Terbimbing dalam Upaya Remediasi Miskonsepsi Materi Listrik Dinamis. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, I(2).

Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, A. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Banjarmasin. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, VI(2).
Published
2022-06-29
How to Cite
Samudera, T., Irhasyuarna, Y., & Mahdian, M. (2022). PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(3), 123-132. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i3.1296