PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN TUGAS MIND-MAP PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model project based learning dengan tugas mind-map materi larutan penyangga. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran project based learning dengan tugas mind-map dan peserta didik yang belajar menggunakan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen adalah XI MIPA 4 dan kelas kontrol adalah XI MIPA 2 MAN 2 Model Banjarmasin. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik tes dan non-tes digunakan untuk pengumpulan data. Uji Mann Whitney digunakan untuk analisis data. Penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik berbeda antara yang belajar menggunakan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran project based learning dengan tugas mind-map dan yang belajar menggunakan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga.
References
Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). Kefektifan Model PjBL dengan Tugas Creative Mind Map untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, IV(2), 172-179.
Greenstein, L. (2012). Assessing 21 Century Skill: a guide to evaluating mastery and authentic learning. London: Sage Publication Ltd.
Novick, B., Kress, J. S., & Elias, M. J. (2002). Building Learning with Character: How to integrate academic, social and emotional learning. Virginia: ASDC (Association for Supervision and Curriculum Development).
Permatasari, E. A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, III(1), 11-16.
Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, IV(1), 89-96.
Rijal, M. F., & Rusmansyah. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, & Extending) Berbantuan Mind Mapping pada Materi Hidrolisis Garam. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, VII(1), 66-73.
Sadiqin, I. K., Istyadji, M., & Winarti, A. (2017). Mengoptimalkan Potensi Otak Kanan Siswa dalam Pembelajaran Kimia. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, VIII(1), 27-35.
Sari, A. A., & Jarnawi, A. D. (2008). Pengaruh Pemberian Tugas Creative Mind Map setelah Pembelajaran Terhadap Kemampuan Kreativitas dan Koneksi Matematik Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Silaban, R., & Napitupulu, M. A. (2012). Pengaruh Media Mind Mapping terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA pada Pembelajaran Menggunakan Advance Organizer . Artikel Ilmiah, 1-9.
Smarabawa, I., Arnyana, I., & Setiawan, I. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. e-Journal Pendidikan Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, III, 1-28.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yance, R. D., Ramli, E., & Mufit, F. (2013). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, I, 48-54.
Copyright (c) 2022 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.