PERBEDAAN MOTIVASI DAN PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LABORATORIUM RIIL DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL

  • Yulia Anggraeni Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Iriani Bakti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: problem based learning, motivasi belajar, hasil belajar, laboratorium riil, laboratorium virtual

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbedaan motivasi dan perbedaan hasil belajar pada materi hidrolisis garam antara model Problem Based Learning menggunakan laboratorium riil dengan laboratorium virtual di SMAN 4 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui perbedaan motivasi dan perbedaan hasil belajar antara model Problem Based Learning menggunakan laboratorium riil dengan laboratorium virtual. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan pre-test post-test control group design. Sampel diambil dari kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen serta XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes, observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan analisis deskriptif. Uji-t digunakan dalam menganalisis perbedaan motivasi dan hasil belajar pengetahuan peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning menggunakan laboratorium virtual. Penelitian menunjukkan hasil (1) motivasi belajar memiliki perbedaan yang signifikan, (2) hasil belajar pengetahuan memiliki perbedaan yang signifikan.

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing The Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 131-132.

Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aryanti, R., & Kusasi, M. (2016). Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Solving Menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual Ditinjau dari Gaya Belajar dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 135-138.

Gunawan, & Liliasari. (2012). Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Cakrawala Pendidikan, 31(2): 185-199.

Lerianti, E. (2014). Perbandingan Hasil Belajar dengan Menggunakan Laboratorium Nyata dan Laboratorium Virtual dalam Materi Asam Basa Kelas XI IPA SMA Nusantara Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.

Syah, M. (2016). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tuan, H. L., Chin, C. C., & Shieh, S. H. (2005). The Development of a Questionnaire to Measure Student’s Motivation Toward Science Learning. International Journal of Science Education, 27(6), 639-654.
Published
2022-03-21
How to Cite
Anggraeni, Y., Bakti, I., & Mahdian, M. (2022). PERBEDAAN MOTIVASI DAN PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LABORATORIUM RIIL DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(2), 86-94. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i2.1200