PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

  • Amiratush Shalihah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: model pembelajaran CORE, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa, mind mapping, hidrolisis garam

Abstract

Telah selesai dilakukan penelitian penerapan CORE berbantuan mind mapping pada materi hidrolisis garam. Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) motivasi siswa, (4) hasil belajar siswa kelas XI SMA PGRI 1 Banjarmasin dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini adalan penelitian PTK yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan evaluasi, serta analisis dan refleksi pada masing-masing siklus I dan II. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA PGRI 1 Banjarmasin dengan jumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes hasil belajar dan angket. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriftif kuantitatif dan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi peningkatan aktivitas guru pada siklus I berkategori cukup baik meningkat menjadi baik pada siklus II, (2) terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I kategori cukup aktif meningkat menjadi aktif pada siklus II, (3) terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dari kategori cukup tinggi ke kategori tinggi pada siklus I ke siklus II (4) terjadi peningkatan persentase hasil belajar kognitif siswa dari 40% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II dengan rata-rata sebesar 68,0 (sedang) menjadi 79,3 (tinggi) dari seluruh siswa serta siswa memberikan respon yang positif sebesar 93,3% terhadap pembelajaran.

References

Budiningsih, C. A. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Chawla, J., & Gurmit, S. (2014). Effect of Teaching Through Concept Mapping on Achievement in Chemistry of IX Grades. Excellence International Journal of Education and Research, 2 (3).

Mufiah, L. (n.d.). Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Moodle Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains.

Nirmalasari, D., Mulyani, B., & Utami, B. (2013). Studi Komparasi Penggunaan Media Mind Map dan Crossword Puzzle Pada Metode Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI Semester Genap SMAN 1 Banduyono Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK),2 (4).

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yusuf, H., Lesmanawati, R. I., & Maknun. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem di Kelas X SMAN 1 Ciwaringin. Scientiae Educatia,3 (2).
Published
2022-03-21
How to Cite
Shalihah, A., Mahdian, M., & Kusasi, M. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(2), 77-85. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i2.1199