PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL SCIENTIFIC CRITICAL THINKING (SCT) UNTUK MENINGATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas produk e-modul berbasis model Scientific Critical Thinking (SCT) yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang termodifikasi menjadi 3-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Pada tahap penyebaran (disseminate) dalam penelitian ini tidak dilakukan dikarenakan keterbatasan waktu dan keadaan. E-modul yang dikembangkan di uji cobakan pada 15 orang peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 4 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) Validitas yang berkategori sangat valid dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan media; (2) Praktikalitas yang berkategori baik pada uji perorangan dan uji kelompok kecil; kategori baik pada data respon peserta didik; kategori sangat baik pada data respon pendidik; kategori baik pada aktivitas pendidik menggunakan e-modul dan kategori sangat baik pada aktivitas pendidik mengelola kelas; (3) efektifitas dengan nilai N-gain literasi sains dan hasil belajar yang berkategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis model Scientific Critical Thinking (SCT) telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas dan efektifitas.
References
Ardianti, S., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). A Needs Assessment of Edutainment Module with Ethnoscience Approach Oriented to the Love of the Country. Indonesian Journal of Science Education, 8(2), 153-161.
Cohen, R. J., & Swerdlik. (2010). Psychology Testing and Assesment: An Introduction to Test and Measurement. New York: McGraw-Hill.
Djali, & Mujono, P. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grassindo.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hapsari, D., Lisdiana, & Sukaesih. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Modul Daur Ulang Limbah pada Literasi Sains. Journal of Biology Education, 302-309.
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 183-191.
Laili, Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315.
Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Open Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1-12.
Mudjijo. (1999). Tes Hasil Belajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Muis, A., & Bahri, A. (2018). Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School dalam Blended Learning Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1, 163-171.
Mulyani, S., Rudibyani, R., & Efkar, T. (2018). Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal FKIP UNILA, 1(1), 1-12.
Ni’mah, S., Lestari, N. C., & Adawiyah, R. (2018). PENGEMBANGAN DAN UJI VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN SMA BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(1), 22-30.
Nugraheni, D., Suyanto, S., & Harjani, T. (2017). Pengaruh Siklus Belajar 5E Terhadap Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Sistem Saraf Manusia. Jurnal Prodi Penididkan Biologi, 6(4), 178-188.
OECD. (2018). Result In Focus. Kanada: OECD.
Purba, M. (2006). Kimia Untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga.
Rusmansyah, Yunita, L., Ibrahim, M., Isnawati, & Prahani, B. K. (2019). Innovative Chemistry Learning Model: Improving Critical Thinking Skills and Self Efficacy of Pra-service Chemistry Teachers. Journal of Technology and Science Education, 9(1), 59-76.
Sani, A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Thiagrajan, S., Semmel, M., & Semmel, D. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Copyright (c) 2021 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.