KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Siti Aisyah
  • R. Ati Sukmawati
  • Rizki Amalia
Keywords: kemampuan berpikir kritis siswa, pembelajaran: PBL, langsung

Abstract

Model PBL ialah model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dalam penelitian ini (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBL di kelas eksperimen, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas kontrol, (3) mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menerapakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran langsung. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan non equavalent group posttest only desaign  dan teknis analisis data Inferensial. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas VII SMPN 17 Banjarmasin. Sampel diambil secara random sampling dilanjutkan dengan purposive sampling. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan pengambilan kelas yang memenuhi persyaratan bahwa kedua kelas tersebut memiliki kemampuan relatif sama. Hasil penelitian memberitahukan bahwa (1) Dalam penerapan model pembelajaran PBL terlihat bahwa aspek kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kualifikasi kurang. Terdapat tiga indikator yang mempunyai kategori cukup, yaitu, interpretasi, menghubungkan informasi yang relevan, menganalisis masalah, sedangkan memecahkan masalah berada pada kategori kurang (2) Pada penerapan model pembelajaran langsung, dilihat dari semua indikator pada pembalajaran langsung masuk dalam kategori sangat rendah. Indikator satu, dua, dan tiga berada pada kategori kurang, sedangkan untuk indikator keempat berada pada kategori sangat kurang, dan (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa pada penerapan model pembelajaran PBL dengan siswa dengan model pembelajaran langsung.

Published
2021-06-14
How to Cite
Aisyah, S., Sukmawati, R. A., & Amalia, R. (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). JURMADIKTA, 1(2), 21-28. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i2.795
Section
Articles