KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMPN 26 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran langsung, serta mengetahui apakah terdapat perbedaaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dan sampel penelitian terdiri atas 2 kelas: kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah sebanyak 81 siswa. Berdasarkan uji t diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan model pembelaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang belajar tidak model tersebut, serta terdapat perbedaan yang signifikan.