PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER KERJA KERAS DAN KOMUNIKATIF SISWA SMP

  • Noor Annisah Sholehah
  • Chairil Faif Pasani
  • Yuni Suryaningsih
Keywords: model course review horay, kerja keras, komunikatif, hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran Course Review Horay (CRH) ialah model pembelajaran koperatif dimana siswa dilatih untuk bekerjasama dengan kelompoknya untuk memudahkan siswa bertanya dan berkomunikasi. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk (1) mengetahui apakah penerapan model CRH dapat membina karakter kerja keras siswa dalam pembelajaran matematika, (2) mengetahui apakah penerapan model CRH dapat membina karakter komunikatif siswa dalam pembelajaran matematika, (3) mengetahui apakah penerapan model CRH dapat memperbaiki hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, dan (4) mengetahui hubungan antara karakter kerja keras dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model CRH dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasi eksperimen desain time series sebanyak enam kali pertemuan. Seluruh siswa kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin menjadi populasi pada penelitian ini, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas VIIIE. Data penelitian ini diperoleh melewati observasi dan tes. Uji korelasi dan regresi digunakan untuk menelaah data yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan: penerapan model CRH dapat membina karakter kerja keras, karakter komunikatif siswa danĀ  memperbaiki hasil belajar siswa. Terdapat hubungan yang kuat antara karakter kerja keras dan komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa kelas SMP.

Published
2021-03-23
How to Cite
Sholehah, N., Pasani, C., & Suryaningsih, Y. (2021). PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MEMBINA KARAKTER KERJA KERAS DAN KOMUNIKATIF SISWA SMP. JURMADIKTA, 1(1), 7-18. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.725
Section
Articles