PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII

  • Muhammad Rifqi Cahyadi
  • Agni Danaryanti
  • Rizki Amalia
Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, numbered head together

Abstract

Hasil belajar merupakan hal yang penting untuk menghadapi era yang semakin berat. Tetapi kenyataannya hasil belajar di Indonesia masih rendah seperti pada bidang studi matematika. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya keaktifan  siswa pada saat proses belajar mengajar karena guru hanya menggunakan model yang itu-itu saja pada setiap proses pembelajaran, maka perlu adanya pemecahan masalah untuk membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 3 Banjarmasin. Metode yang dipilih adalah Quasi Eksperimen dengan desain The Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling serta dilakukan uji pendahuluan dan uji beda  seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Banjarmasin yang merupakan populasi pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMPN 3 Banjarmasin.

Published
2021-03-23
How to Cite
Cahyadi, M., Danaryanti, A., & Amalia, R. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII. JURMADIKTA, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.724
Section
Articles