PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN

  • Norlaila Norlaila Universitas Lambung Mangkurat
  • Hidayah Ansori Universitas Lambung Mangkurat
  • Juhairiah Juhairiah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Penggunaan media, PhET Simulations, Pecahan

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar pada materi pecahan adalah kesulitan siswa memahami konsep yang abstrak. Siswa memerlukan bantuan media konkret sebagai perantara atau visualisasinya. Media PhET Simulations dapat membantu siswa dalam memvisualisasikan materi pecahan yang bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan implementasi, respon siswa, dan pengaruh penggunaan media PhET pada materi pecahan di kelas IV SD/MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN Belitung Selatan 7, pengambilan sampel menggunakan teknik oversampling, dengan masing-masing 20 sampel dari kelas IV A (kontrol) dan IV B (eksperimen). Teknik pengumpulan data berupa tes (pre-test dan post-test) serta non-tes (angket). Analisis data menggunakan uji t dan uji N-Gain untuk data tes, dan deskriptif kuantitatif untuk data non-tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi penggunaan media PhET melibatkan persiapan media dan tujuan pembelajaran, pengenalan media, orientasi masalah, organisasi belajar, pengerjaan LKPD secara berkelompok berpanduan simulasi PhET, diskusi dan presentasi, serta refleksi dan evaluasi. (2) respon siswa terhadap penggunaan media PhET termasuk dalam kategori “Baik”, (3) penggunaan media PhET Simulations memiliki pengaruh, yakni dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi pecahan di kelas IV SDN Belitung Selatan 7 Banjarmasin.

References

Amir, N. F., & Andong, A. (2022). Kesulitan Siswa dalam Memahami Konsep Pecahan. Journal of Elementary Educational Research, 2(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.30984/jeer.v2i1.48

Ansori, H., & Lisdiawati, S. (2014). Pengaruh Metode Improve terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Konsep Bangun Ruang di Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 279–286. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i2.623

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawati, M. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif serta Implikasinya dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. E-Tech, 7(4), 1–12. https://doi.org/10.24036/et.v7i2.106979

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, (2), 79–85.

Fitriyati, I., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran Daring Menggunakan PhET Simulations untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah:Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1041–1052. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1120

Harliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v3i1.12786

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Ningsih, V. M. V., Anggraini, D. M., Safitri, R., & Ma’sum, C. A. (2024). Efektivitas Games Matematika Edukatif Aplikasi Phet Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas 4 MI Muhammadiyah 2 Kudus. Tarunateach: Journal of Elementary School, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.54298/tarunateach.v2i1.167

Pujiningsih, A. L. M., Gunawan, A., & Adi, Y. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan PhET Simulations terhadap Hasil Belajar Siswa. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(1), 1. https://doi.org/10.32934/jmie.v6i1.311

Riduwan. (2012). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahaya.

Sukasno. (2012). Problematika Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Perspektif Pendidikan, 5(1), 107–114.

Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Susilawati, A., Putri, T. D., & Nursangadah, A. (2022). Penerapan Simulasi PhET pada Pembelajaran Matematika di Kelas III SDN Trayu. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 949–960. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6777

Sylviani, S., Permana, F. C., & Utomo, R. G. (2020). PhET Simulation sebagai Alat Bantu Siswa Sekolah Dasar dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran Matematika. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25184

Published
2024-07-27
How to Cite
Norlaila, N., Ansori, H., & Juhairiah, J. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PHET SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN. JURMADIKTA, 4(2), 54-66. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2770
Section
Articles