HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

  • Septi Perdana Putri Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat
  • Juhairiah Juhairiah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Gaya Belajar, Hasil Belajar, Statistika, Kurikulum Merdeka

Abstract

Gaya belajar siswa mengacu pada berbagai cara siswa belajar dan memproses informasi. Gaya belajar siswa dapat mempengaruhi keefektifan belajarnya, sehingga penting bagi guru untuk memahami gaya belajar siswa agar dapat mengembangkan metode pembelajaran yang tepat. Namun faktanya guru masih menggunakan metode ceramah sehingga suasana kelas kurang menyenangkan dan hasil belajar juga kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan gaya belajar siswa, 2) Mendeskripsikan hasil belajar statistika siswa, 3) Mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar statistika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistika product moment. Pengumpulan data diperoleh melalui angket dan tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Nonprobability Sampling yaitu Purposive Sampling, sampel yang digunakanhanya 1 kelas yang berjumlah 25 orang. Hal inilah yang menjadi objek penelitian siswakelas X jurusan tata busana 3 SMKN 4 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa.

References

Muhammad Idris, Suroyo, Yus Alvar Saabighoot, Houtman. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SD.Universitas Muhammadiyah, Palembang, 8(1): 35-44.

Zuhuriyyah Hidayati, Nurdi. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pai Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar. Jurnal Cendikia:Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam,Lamongan,15(1): 30-41.

Rani Permatasari, Reni Nuraeni. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP Mengenai Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika,1(1): 145-156.

Iyam Maryati, Nanang Priatna. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Statistis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Materi Statistika. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,2(3): 205-212.

Leny Hartati. (2018). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Indraprasta PGRI,Jakarta Selatan,3(3): 224-235.

Indah Budiarti, Abdul Jabar. (2016). Pengaruh Gaya belajar Terhadap Hasil belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin. STKIP PGRI, Banjarmasin,2(2): 142-147.

Latief Sahidin, Dini Jamil. (2013). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara,4(2): 211-222.

Rani permatasari, Reni Nuraeni. (2012). Kesulitan belajar Siswa SMP mengenai kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, Jawa Barat,1(1): 145-156.

Anto Indra Setiawan, Muktiono Waspodo. (2015). Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar Matematika. Program Studi Teknologi Pascasarjana UIKA,4(2): 30-42.

Published
2024-03-11
How to Cite
Putri, S., Fajriah, N., & Juhairiah, J. (2024). HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI STATISTIKA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. JURMADIKTA, 4(1), 47-53. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.2576
Section
Articles