PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA E-KOMIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI RASIO

  • Lailatul Adawiyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Chairil Faif Pasani Universitas Lambung Mangkurat
  • Kamaliyah Kamaliyah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: modul ajar, E-komik, pendidikan karakter, materi rasio

Abstract

Hasil wawancara dengan guru matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin menunjukkan masih banyak peserta didik yang menganggap matematika sulit untuk dipelajari, hal ini mengakibatkan motivasi belajar peserta didik menjadi kurang. Salah satu penyebabnya diantaranya ialah perangkat pembelajaran yang kurang mendukung. Oleh karena itu diperlukan perangkat pembelajaran kreatif yang dapat membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar matematika E-Komik berbasis pendidikan karakter pada materi rasio yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu, define, design, development dan disseminate. Dalam penelitian ini hanya sampai tahapan development. Tahap disseminate ditiadakan karena keterbatasan waktu penelitian. Subjek uji coba penelitian ini adalah 35 peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen lembar validasi, angket respons guru dan peserta didik serta tes hasil belajar. Teknik analisis data bertujuan untuk mengetahui uji kevalidan, kepraktisan dan efektivitas modul ajar yang dikembangkan. Berdasarkan lembar validasi yang diisi oleh validator, dapat disimpulkan modul ajar sangat valid karena diperoleh persentase skor rata-rata 89,13%. Berdasarkan hasil angket respons guru dan peserta didik persentase skor rata-rata berturut-turut 95% dan 90%, dapat disimpulkan modul ajar sangat praktis. Berdasarkan uji coba, modul ajar dikatakan sangat efektif karena peserta didik sudah mencapai KKTP, persentase hasil belajar peserta didik adalah 91,43%. Berdasarkan hal yang telah diuraikan, maka dengan kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul ajar matematika E-Komik berbasis pendidikan karakter pada materi rasio kelas VII SMP dapat dikatakan tercapai.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fathan, R. (2020, May 2). Hardiknas 2020: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnalpos Media. Retrieved from http://jurnalposmedia.com/hardiknas-2020-merdeka-belajar-ditengah-covid-19/

Ginting, V. (2005). Penguatan Membaca, Fasilitas Lingkungan Sekolah dan Keterampilan Dasar Membaca Bahasa Indonesia Serta Minat Membaca Murid. Jakarta: Jurnal Pendidikan Penabur-Vol. 4 No.4.

Kemendiknas. (2011). Perpaduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas.

Marliani, Novi. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif. Vol 1 No 5, 14-25.

Maulida, Mumtazah Dkk. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 3(1).

Maulida, Utami (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi. Vol 5, No. 2. Halaman 13-0138

Nieveen, N. (1999). “Prototype to reach product quality. Dlm. Van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Novianti, R.D & Syaichudin. (2010). Pengembangan media komik pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman bentuk soal cerita bab pecahan pada siswa kelas V SDN Ngembung. Journal Teknologi Pendidikan 10 (1).

Sadiman. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Prasada.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Saputro, Anip Dwi. (2015). Komik Sebagai Media Pembelajaran. Muaadib Vol. 05 (01).

Siregar, H. F., & Melani, M. (2019). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi. 2(2) 113. https://doi.org/10.36294/jurti.v2i2.425

Trygu. (2020). Motivasi Dalam Belajar Matematika. Bogor: Guepedia Group.

Published
2024-07-27
How to Cite
Adawiyah, L., Pasani, C., & Kamaliyah, K. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA E-KOMIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI RASIO. JURMADIKTA, 4(2), 1-11. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2476
Section
Articles