PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI BENTUK ALJABAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA

  • Diah Nuryanti Universitas Lambung Mangkurat
  • Chairil Faif Pasani Universitas Lambung Mangkurat
  • Asdini Sari Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Modul Ajar, Bentuk Aljabar, Etnomatematika

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran yang harus diajarkan untuk seluruh peserta didik agar mereka dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu bentuk aljabar. Akan tetapi, masih banyak peserta didik kesulitan mempelajari bentuk aljabar. Oleh karena itu diperlukan modul untuk melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar berbasis etnomatematika ciri khas Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D dengan empat tahapan yaitu Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik, meliputi uji coba. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis data kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Validasi dilakukan oleh 3 validator. Uji coba dilakukan kepada 30 peserta didik. Berdasarkan lembar validasi yang diisi oleh 3 validator diperoleh nilai 83,97% yang berarti modul dinyatakan valid. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik diperoleh skor sebesar 3,5 dapat dinyatakan kriteria sangat praktis. Pada hasil angket respon guru diperoleh skor sebesar 3,26 berdasarkan kriteria tingkat kepraktisan kriteria sangat praktis. Berdasarkan uji coba, modul dikatakan efektif, karena berdasarkan 3 kali uji coba peserta didik sudah mencapai KKTP yang diterapkan di SMP Negeri 1 Banjarmasin, persentase hasil belajar peserta didik dengan minimal nilai 75 selalu lebih dari sama dengan 80%, yaitu 85,56%. Dengan demikian kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar materi bentuk aljabar berbasis etnomatematika dapat dikatakan telah terpenuhi.  

References

Anjelina, Z. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Materi Bentuk Aljabar Berbasis ICARE Pada Siswa MTsN Banda Aceh.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Cicilia Cindy Silviana. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis HOTS Materi Bentuk Aljabar dengan Konteks Lahan Basah Kelas VII SMP/MTs.

Eko P. Widoyoko. 2009. BAB III Metode Penelitian. Retrieved from: https://eprints.uny.ac.id/49209/4/-BAB%20III.pdf.

Faif Pasani Chairil, Danaryanti, Agni, dan Amelia, Rizky. 2020. Penilaian Pembelajaran Matematika.

Fajriah Noor, Faif Pasani Chairil, dkk. 2023. Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Lingkungan Lahan Basah untuk Meningkatkan Wawasan Kearifan Lokal Guru Matematika.

Fikin, M. A. T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta.

Henny I. Sitanggang. 2023. Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka pada Materi Persamaan Linear di Kelas VII SMP Negeri 13.

Lestari, W., & Handayani, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Matematika Realistik Untuk Kelas VII SMP Semester I. Jurnal Analisa.

Malo, dkk. 2020. Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Muda, H. H., Alhaddad, I., & Saidi, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 195 - 204.

Rahimah. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru SMP Negeri 10 Kota Tebingtinggi dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka melalui Kegiatan Pendampingan Tahun Ajaran 2021/2022. JURNAL Ansiru PAI.

Rifqi Musthofa. 2022. Rangkuman Materi Matematika Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka Bab 4 Bentuk Aljabar.

Saironi, M., & Sukestiyarno, Y. L. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Pembentukan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa pada Pembelajaran Open Ended Berbasis Etnomatematika Info Artikel Abstrak. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(27), 76–88.

Siloto Novi Trisna Endang, dkk. 2023. Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. Retrieved from: https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8900.

Slameto. (2001). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Renika Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. (2017). Metode Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 4D.

Trianto. (2010). Mendesain Modul Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Zulkifli.H. dkk. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.

Published
2024-07-27
How to Cite
Nuryanti, D., Pasani, C., & Sari, A. (2024). PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATERI BENTUK ALJABAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA. JURMADIKTA, 4(2), 44-53. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2449
Section
Articles