META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

  • Riqa Anisa UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • Iskandar Zulkarnain UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • Rahmita Noorbaiti UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Keywords: Meta Analisis, Model Pembelajaran Kooperatif, Effect Size, Think Pair Share, Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Banyak penelitian telah dilaksanakan mengenai pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada pemahaman konsep matematika siswa, namun temuan-temuannya beragam. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan effect size dari model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan karakteristik studi berupa jenjang pendidikan dan ukuran sampel. Data diperoleh dari penelusuran melalui Google Cendikia dengan kata kunci tertentu dan diperoleh 55 studi primer yang diterbitkan antara tahun 2017-2023. Selanjutnya diperiksa sesuai kriteria inklusi dan didapat 20 studi primer yang memenuhi kelayakan. Dengan menggunakan perangkat lunak Comprehensive Meta-Analysis (CMA) V3.0, effect size dari 20 studi primer dianalisis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa dengan effect size 0,835 tergolong pada kategori besar; (2) berdasarkan jenjang pendidikan lebih berpengaruh pada jenjang SMP dengan effect size 0,869 tergolong pada kategori besar; dan (3) berdasarkan ukuran sampel lebih berpengaruh pada sampel besar (>30) dengan effect size 0,878 tergolong pada kategori besar.

References

Agustina, L. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA. (Online), Vol. 1, No.4 (http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/eksakta/article-/view/49).

Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika Dan Analisis Butir. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Borenstein, M., Hedges, L. V, & Rothstein, H. R. (2009). Introductionto Meta-Analysis (Issue January). John Wiley & Sons.

Coe, R. (2002). It's the Effect size, Stupid. In Educational Research (Issue September, pp. 1-18).

Destiniar, D., Jumroh, J., & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari self efficacy siswa dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 115-128.

Fitri, R., Sutiarso, S., & Widyastuti, W. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Matematis Dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(5), 645-656.

Glass, G. V. (2015). Meta-analysis at middle age: A personal history. Research Synthesis Methods, 6(3), 221-231. https://doi.org/10.1002/jrsm.1133

Hasibuan, F. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pelajaran 2017/2018. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 5(1), 61-74.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Learning Together and Alone: Cooperative, Competitive, and Idividualistic Learning (5th ed.) Boston: Allyn & Bacon.

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152.

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252-261.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Newmann, F. M., & Thompson, J. A. (1987). Effect of Cooperative Learning on Achievement in Secondary Schools: A Summary of Research. Wahington: Wisconsin Center for Education Research.

Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. (2020). Meta analisis: pengaruh problem-based learning terhadap kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia tujuh tahun terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851-864.

Pamungkas, D. P., Gunowibowo, P., & Djalil, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(3).

Pigott, T. D. (2012). Advances in Meta-Analysis. In Statistics for Social and Behavioral Sciences. Springer New York Dordrecht Heidelberg London. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-2278-5

Prastiwi, D., & Listyani, E. (2019). The Effectiveness Of Contextual Learning In The Cooperative Learning Of Think Pair Share Based On Mathematics Concept Understanding Of The 7th Grade Junior High School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1320, No. 1, p. 012095). IOP Publishing.

Pratikta, M. E., Asnawati, R., & Sutiarso, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(3).

Pratiwi, E.W dan Indarini, Endang. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2).

Prayuwari, R. M., Asnawati, R., & Coesamin, M. (2018). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(7).

Rahmadani, D. W., Zulkarnain, I., & Sari, A. (2022). Meta Analisis: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 75-85.

Rahmi, S. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 54-59.

Rasyid, H. (2015). Membangun Generasi Melalui Pendidikan Sebagai Investasi Masa Depan. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).

Rezki, W., & Minarni, A. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berfikir Matematis. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 112-120.

Riska, D., & Suherman, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Padang Panjang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(3), 247-252.

Rofika, R., Coesamin, M., & Wijaya, A. P. (2019). Efektivitas Cooperative Learning Tipe TPS ditinjau dari Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(6), 681-693.

Sari, D. N., & Chantika, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika (JOMPEMA), 1(1), 74-82.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7-21.

Schmidt, F. L., & Hunter, J. E. (2015). Methods of Meta-Analysis: Correcting Error and Bias in Research Findings (Third). 55 City Road, London: SAGE Publications, Ltd. https://doi.org/10.4135/9781483398105

Sianturi, W., Gunowibowo, P., & Coesamin, M. (2020). Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7(5), 579-590.

Simamora, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa SMPN 2 Kota Jambi Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 95-103.

Sutiarso, S., & Wijaya, A. P. (2018). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(7), 681-692.

Syahira, R., Zulfitri, A., & Delyana, H. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 5 Padang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 1-10.

Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303-312.

Wulandari, Y., Afryanza, R., & Gustiningsi, T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 33-38.

Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100.

Published
2024-07-27
How to Cite
Anisa, R., Zulkarnain, I., & Noorbaiti, R. (2024). META ANALISIS: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. JURMADIKTA, 4(2), 12-21. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2427
Section
Articles