PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SMP

  • Diva Farapikatan Universitas Lambung Mangkurat
  • Chairil Faif Pasani Universitas Lambung Mangkurat
  • Kamaliyah Kamaliyah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Tes Formatif, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Etnomatematika

Abstract

Tes formatif memiliki peran penting dalam penerapan kurikulum merdeka. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian pengembangan tes formatif ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan tes formatif sehingga menghasilkan tes formatif matematika yang valid dan reliabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Soal tes formatif pada penelitian ini berbentuk uraian, terdiri dari 3 soal dengan 7 pertanyaan. Uji coba dilakukan di SMPN 14 Banjarmasin dengan subjek penelitian 3 orang siswa untuk small group dan 25 orang siswa untuk field test. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes formatif yang diberikan kepada beberapa siswa. Adapun analisis data yang dilakukan adalah analisis validitas empiris dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh; (1) Proses pengembangan tes formatif matematika melalui lima tahap. Pada tahap analysis dilakukan analisis jenjang kelas dan analisis kurikulum yang digunakan di SMP Negeri 14 Banjarmasin. Pada tahap design menghasilkan kisi-kisi dan rancangan soal tes formatif. Pada tahap development menghasilkan soal tes formatif matematika yang valid berdasarkan penilaian dari validator soal. Pada tahap implementation, di small group diperoleh respons guru dan siswa untuk soal tes formatif matematika. Sementara itu, pada field test diperoleh analisis validitas empiris dan reliabilitas dari nilai siswa. Pada tahap evaluation, dilakukan revisi soal tes berdasarkan saran validator. (2) Hasil analisis validitas empiris menunjukkan soal 1a,1b, 1c, 2a,2b,3a valid dan soal 3b tidak valid, serta hasil reliabilitas soal mencapai koefisien 0,763 sehingga masuk dalam kategori reliabilitas tinggi.

References

Ariyani, E., & Bhakti, Y.B. (2020). Perbandingan Bentuk Tes Pilihan Ganda dan Teknik Penskoran terhadap Reliabilitas Tes Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Ilmu Multi Sciences, Universitas Nurul Huda.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Bagaskara, A. & Ernasari, N. (2018). Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Brand Image terhadap Keputusan Calon Mahasiswa Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 6 No 2 Tahun 2018 P-ISSN: 2337-652x|E-ISSN:2598-3253.

Dahlan, M., & Kurniasih, I. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Three Tier-Test.

Ferita, R. A., & Fitria, M. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Matematika Siswa SMA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1628.

Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. MATHEMATICS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459.

Kristanto, P.D., Paula, G., & Setiawan, P.G.F. (2020). Pengembangan Soal Hots (High Order Thinking Skills) terkait dengan konteks pedesaan. Journal Universitas Negeri Semarang.

Komarudin & Sakardi. (2017). Evaluasi Pembelajaran. (Cetakan Kedua). Yogyakarta: RizQita Publishing & Printing.

Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika: Pengelolaan Penilaian yang Holistik. Malang: Inteligensi Media.

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model ADDIE. Journal of Ivet University.

Putra, N. (2015). Research and Development (R&D). journal PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha.

Qodir, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media.

Qomariyah, R., Zainuddin, R., & Rohman, I.I.T. Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Etnomatematika Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP PGRI Bojonegoro.

Santosa, D.S.S., Galina, M., & Nulampau, N. E. (2021). Pengembangan CBEEM (Computer Based Evaluation Essay Model). Jurnal Teknologi Pendidikan, Universitas Medan.

Suhartini, S., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105–111. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.198.

Sumaryanta, S., Priatna, N., & Sugiman, S. (2019). Pemetaan Hasil Ujian Nasional Matematika. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 6(1), 543–557. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v6i1.38.

Tosepu, A.Y. (2019). Skills yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi di Era Industri 4.0. Kajian: The Future of Global Higher Education.

Published
2024-03-11
How to Cite
Farapikatan, D., Pasani, C., & Kamaliyah, K. (2024). PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SMP. JURMADIKTA, 4(1), 10-22. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.2422
Section
Articles