PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH

  • Muhammad Iwan Harno Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat
  • Yuni Suryaningsih Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: LKPD, permasalahan kontekstual, lingkungan lahan basah, sistem persamaan linear dua variabel

Abstract

Salah satu mata pelajaran wajib pada pendidikan formal adalah matematika. Namun masih banyak siswa yang menganggap matematika sulit dipahami karena kurang memahami konsepnya. Beberapa sekolah masih menggunakan perangkat pembelajaran berupa LKPD yang masih belum mampu membantu siswa memahami konsep pembelajaran karena hanya berupa materi, contoh soal, dan soal latihan. LKPD juga kurang memberikan ruang kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Salah satu solusi untuk memandu penguasaan konsep matematika adalah dengan menyediakan perangkat pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik berbasis masalah kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didik yang valid berdasarkan permasalahan kontekstual pada sistem persamaan linear dua variabel pada kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Plomp yang terdiri dari penelitian pendahuluan, pengembangan prototipe, dan penilaian. Pada penelitian ini tahap penilaian tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan dana. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator. Hasil uji validitas LKPD yang dikembangkan menunjukkan kriteria valid karena memperoleh skor rata-rata sebesar 3,26. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan LKPD yang valid dalam konteks lingkungan lahan basah pada materi sistem persamaan linear dua variabel.

References

Amir, M. F., & W., M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives Volume 2, No. 1, 117-128.

Fairuz, F. R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Banjarmasin: FKIP, Pendidikan Matematika dan IPA, Universitas Lambung Mangkurat.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian). Jember: Pena Salsabila.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Septiarini, D. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Kontekstual Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP/MTS Kelas VIII Pada Materi Prisma dan LImas. Yogyakarta: Skripsi. Fakultas Sains dan Teknologi, Pendidikan .

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Konstektual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 633-643.

Trianto. (2014). Model Pengembangan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Widdiharto, R. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP Dan Alternatif Proses Remidinya. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Published
2024-03-11
How to Cite
Harno, M., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH. JURMADIKTA, 4(1), 23-35. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.2387
Section
Articles