PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKS LAHAN BASAH UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTS

  • maria sianipar universitas lambung mangkurat
  • Karim Karim Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmita Noorbaiti Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pembelajaran Matematika, Video Pembelajaran, Lahan Basah, Menggunakan Data

Abstract

Matematika merupakan ilmu hitung yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan sekitar kita. Meskipun begitu, banyak siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sering kali dibenci, dan menimbulkan ketakutan. Oleh karena itu, penggunaan video pembelajaran dianggap sebagai solusi yang membantu siswa dalam memahami konsep matematika. Video pembelajaran memiliki keunggulan karena bisa diputar berulang sesuai dengan kebutuhan siswa, yang berpotensi untuk menarik minat dan membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan video pembelajaran matematika dengan konteks lahan basah yang sesuai untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang melibatkan tahapan define (mendefinisikan), design (merancang), develop (mengembangkan), dan disseminate (menyebarluaskan). Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian video pembelajaran oleh ahli untuk mengukur kevalidan video, angket respon siswa, dan angket respon guru untuk mengukur praktikalitas video pembelajaran, serta tes hasil belajar untuk mengukur efektivitas penggunaan video pembelajaran. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa video pembelajaran ini yaitu 3,54 dengan kategori valid. Uji praktikalitas menghasilkan nilai rata-rata angket respons sebesar 3,16 dengan kategori praktis. Persentase hasil belajar siswa sebesar 81,82% dengan kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran matematika dengan konteks lahan basah untuk siswa kelas VII SMP/MTs termasuk dalam kategori yang valid, praktis, dan efektif.

References

Abdullah, A. A. (2016) Peran Guru dalam Mentransformasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UNS. 9 (2). 640

Ancer, T., Sidabutar, U., & Aritonang, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Appype Pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI TITL SMK. J U P E N T U S : Jurnal Pendidikan, Teknologi dan Sains, 22-30.

Alhafiz, N. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1133-1142.

As’ari, A. R., M. Tohir, E. Valentino, Z. Imron, dan I. Taufiq. (2017). Buku Guru Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Baharuddin, I. (2014) Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Journal Nalar Pendidikan. 2(2).

Batubara, H. H. dan D. N. Ariani (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 2(1). 48.

Brame, C. J. (2015). Effective Educational Videos. Vanderbuilt University Center for Teaching, 1–8.

Depdiknas. (2007). Materi sosialisasi dan pelatihan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Dewi, N. R., Adnyawati, N. S., & Masdarini, L. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis lingkungan pada pembelajaran sinitasi higiene dan keselamatan kerja di SMK Pariwisata Triatmajaya Singaraja. Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 8(2), 284-294.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 24-29.

Fitriani, A., Mustami, M. K., & Hamansah, H. (2019). Pengembangan lkpd berbasis strategi motivasi arcsmateri sistem imunitas pada kelas xi miamamadanialauddin paopao. Al-ahya: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2).

Garini, A. D., Karim, dan Y. Suryaningsih. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Aritmatika Sosial Berbasis Masalah Matematika Kontekstual Dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Pada Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. JURMADIKTA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(3), 2.

Hamzah, A. dan Muhlisrarini (2015). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasanah, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Literasi Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 137–148.

Hobri. 2009. Metode Penelitian Pengembangan. Jember: FKIP Universitas Jember Press.

Inayah, N. R., R. A. Sukmawati, dan R. Amalia. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Menggunakan Platform Powtoon pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Computing and Education Technology Journal (CETJ). 1(1). 3-5.

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Efektifitas Mathmagic dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Jalal, N. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar terhadap Mata Pelajaran Matematika saat Pandemi Covid-19. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 27-40.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Dokumen Sosialisasi Kurikulum 2013.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata.

Liberna, H. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Penggunaan Metode Improve Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Formatif jurnal imliah pendidikan MIPA 2012. 2(3): halaman 190 – 197.

Marliana. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Predamedia Group.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi nilai-nilai karakter matematika melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.

Mawaddah, S., I. Budiarti, dan M. Aulia. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi HOTS. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 16-17.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Paridjo. (2008). Sebuah Solusi Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika. Semarang: UPBJJ Universitas Terbuka.

Nurmahasih, U., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kontekstual Daerah Lahan Basah Pada Materi Fluida Statis Untuk Siswa SMA (Doctoral dissertation, Sriwijaya Universtiy).

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Putri, N. (2012). Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan pengenalan alat musik daerah pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318-328.

Rahmah, A. Karim, Kamaliyah. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTS. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 2(1), 76.

Rafiska, & Susanti, R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas XII SMA Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal Of Education, 474-482.

Rakhmawati, I, A, dan N. N. Alifia. (2018). Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Penguat Karakter Siswa. Jurnal Elektonik Pembelajaran Matematika, 5(2), 186-187.

Rosiyanti, H, A. F. Adriansyah, R. Widiyasari, dan N. S. Dewi. (2020). Analisis Persepsi Peserta didik Terhadap Video Pembelajaran Matematika Kelas VIII Pada Masa Pandemi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (1-10).

Sari, R., Pasani, C. F., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Tes Formatif Aritmatika Sosial Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 125-134.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Slamet Kurniawan Fahrurozi, Dwi Maryono, C. B. (2017). Indonesian Journal of Informatics Education Simple Additive Weighting Method in the Development of a System Assessing the Feasibility of. Indonesian Journal of Informatics Education, 1(2), 17–28.

Sugianty, D. 2016. Strategi Pengambangan Kawasan Wisata Pasar Terapung Berbasis Kearifan Lokah di Kota Banjarmasin. TATA KELOLA SENI, 2(2), 21-22.

Suriyani, I. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Model Problem Solving Berbantu Wondershare Pada Materi Statistika di SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 1-13.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta, Prenadamedia Group.

Suseno, P, U. Ismail, Y. Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal Of Mathematics Education, 1(2), 73.

Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105-116

Published
2024-07-27
How to Cite
sianipar, maria, Karim, K., & Noorbaiti, R. (2024). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKS LAHAN BASAH UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTS. JURMADIKTA, 4(2), 34-43. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2290
Section
Articles