PENGEMBANGAN E-MODUL KONTEKS LAHAN BASAH MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX

  • Maya Alviana Universitas Lambung Mangkurat
  • Ati Sukmawati Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizki Amalia Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: e-modul, lahan basah, flipbook, persamaan kuadrat

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian peserta didik untuk dikuasai. Keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar salah satunya didukung oleh adanya bahan ajar. Seiring berkembangnya teknologi pada saat ini, media pada bahan ajar pun juga harus berkembang dan berinovatif. Pengembangan bahan ajar yang efektif, efisien, kontekstual serta mengikuti perkembangan teknologi dapat membuat peserta didik lebih termotivasi saat melakukan pembelajaran secara mandiri. E-modul dengan konteks lahan basah menggunakan aplikasi flipbook merupakan media ajar yang menarik serta dapat memotivasi peserta didik saat belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul konteks lahan basah menggunakan flipbook pada materi persamaan kuadrat yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Pengambilan data menggunakan lembar validasi penilaian ahli media, ahli materi dan lembar angket respon peserta didik. Hasil uji validasi materi dengan nilai validasi sebesar 85,7% dikatakan valid dengan memenuhi kriteria tinggi dan hasil uji validasi media dengan nilai validasi sebesar 75% dikatakan valid dengan memenuhi kriteria cukup tinggi. Hasil uji kepraktisan dengan responden siswa mendapat respon positif sehingga menenuhi kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa e-modul konteks lahan basah menggunakan flipbook merupakan media yang valid dan praktis.

References

Erbaisah, E., & Rezeki, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model SSCS pada Peserta didik Kelas VIIC MTs N 4 Rokan Hulu. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 36-43.

Fauziah, A., & Wulandari, S. S. (2022). “Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Pembelajaran Materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2202-2212.

Fitriani, F., Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII Dengan Metode Tutorial”. Computer Science and Education Journal, 1(2).

Klingenberg, O. G., Holkesvik, A. H., & Augestad, L. B. (2020). Digital learning in mathematics for students with severe visual impairment: A systematic review. British Journal of Visual Impairment, 38(1), 38–57. Diperoleh dari: https://doi.org/10.1177/0264619619876975.

Mawaddah, S., I. Budiarti, dan M. Aulia. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi HOTS. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 16-17.

Mustakim, M. (2020). “Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika”. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Priyanthi, K. A., Agustini, K., Santyadiputra, G. S., & ST, M. C. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Peserta didik Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahapeserta didik Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 40-49.

Rakhmawati, I, A, dan N. N. Alifia. (2018). “Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Penguat Karakter Peserta didik”. Jurnal Elektonik Pembelajaran Matematika, 5(2), 186-187.

Ramadanti, F., Mutaqin, A., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Penyajian Data untuk Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2733-2745.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker”. Alotrop, 4(1), 51–58. Diperoleh dari: Https://Doi.Org/10.33369/Atp.V4i1.13709.

Tania, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Peserta didik Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 5(2), 1–9.

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 60–78. Diperoleh dari: https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915.

Published
2024-03-11
How to Cite
Alviana, M., Sukmawati, A., & Amalia, R. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL KONTEKS LAHAN BASAH MENGGUNAKAN FLIPBOOK PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS IX. JURMADIKTA, 4(1), 63-72. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.2271
Section
Articles