PENGEMBANGAN KOMA (KOMIK MATEMATIKA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS ETNOMATEMATIKA
Abstract
Matematika dipandang sebagai pelajaran yang kompleks sehingga siswa sukar dalam menguasainya. Faktor pemicu hal tersebut adalah kurangnya minat matematika serta rendahnya pemahaman konseptual. Media pembelajaran yang menarik serta dipadukan dengan masalah konseptual berbasis etnomatematika mampu meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu medianya adalah komik matematika berbasis etnomatematika. Komik ini berisi cerita bergambar dengan mengusung unsur kebudayaan sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran berupa komik matematika berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model 4D yang disederhanakan menjadi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Dilakukan uji validasi oleh 2 orang validator dan uji kepraktisan oleh siswa. Pengambilan data menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, dan lembar angket respon siswa. Komik matematika dikatakan valid jika hasil penilaian dari validator memenuhi kriteria cukup tinggi atau tinggi dan dikatakan praktis jika hasil penilaian siswa bermodus setuju atau sangat setuju. Hasil uji validasi media diperoleh hasil persentase sebesar 81,67% dengan kriteria tinggi dan hasil uji validasi materi diperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria cukup tinggi. Hasil uji kepraktisan diperoleh modus sangat setuju. Jadi, dihasilkan media pembelajaran berupa komik matematika berbasis etnomatematika yang valid dan praktis.
References
Awaliyah, E. M. (2019). Peran Etnomatematika di Sekolah dalam Upaya Peningkatan Stigma Positif Pelajar Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1): 23-30.
Dewi, N. R., Adnyawati, N. S., & Masdarini, L. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Lingkungan pada Pembelajaran Sanitasi Higiene dan Keselamatan Kerja di SMK Parawisata Triatmajaya Singaraja. Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 284-294.
Fajriah, N., Suryaningsih, Y., Yuliasntui, H., Nando, A. Z., & Alitsnaiini, N. K. (2021). Pengembangan Komik Berbasis Etnomatematika Masjid Jami Sungai Jingah Pada Pembelajaran Geometri. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah (Vol. 6, No. 2).
Fitriani, F., Sukmawati, R. A., & Mahardika, A. I. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII Dengan Metode Tutorial”. Computer Science and Education Journal, 1(2).
Handayani, & Syahrifah. (2015). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika Pada Remaja. Jurnal Psikolog Vol.11
Maulidah, N. M., Fachrudin, A. D., & Mubarokah, L. (2021). Pengembangan media pembelajaran komik berbasis aplikasi android pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 75-84.
Rahadhian, L. N. R., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). “Pengembangan modul pembelajaran flipbook pada materi aritmetika sosial berbasis etnomatematika pasar terapung”. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55.
Rizky, R. M. (2023, September 30). Budaya Kalimantan Selatan Yang Kaya Akan Kearifan Lokalnya. Diambil kembali dari Kabarpik: https://kabarapik.com/budayakalimantan-selatan-yang-kaya-akan-kearifan-lokalnya/
Rosida, A. T., & Hastuti, H. (2020). Inovasi Komik Strip Berlandaskan Analisis Historical Thinking sebagai Media Pembelajaran Sejarah SMA. Jurnal Kronologi, 2(4), 224-234.
Sakinah, N., & Hendriana, B. (2022). Pengembangan media pembelajaran e-comic pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 225-234.
Sari, I. H. (2019). Modul Media Pembelajaran. Bandung: Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.
Sudjana, N & A. Rivai. (2013). Media Pengajaran. Cetakan ke-11. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114.
Tarusu, D. T., Zulela, Z., & Adiansha, A. A. (2020). Integrasi Pembentukan Nilai Karakter Kemandirian Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika di Era Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2).
Udil, P. A., & Sangur, L. F. (2020). “Penggunaan Media Komik Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 8 Lamba Leda”. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 2(1), 57-69.
Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Meta-Etnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119- 2136
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.