ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR BERKONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

  • Nyoman Yohane Santi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: analisis kesalahan, soal berkonteks lingkungan lahan basah, bangun ruang sisi datar, tahapan Newman

Abstract

Menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar merupakan salah satu aspek yang tidah mudah untuk dilakukan oleh peserta didik karena harus dapat memahami konsep dasar dan mengetahui terlebih dahulu mengenai rumus bangun ruang sisi datar. Selain itu, karena soal yang diberikan juga berkonteks lingkungan lahan basah maka peserta didik juga harus memiliki kemampuan lain seperti memahami soal bahkan sampai menentukan langkah/proses pengerjaan untuk dapat mengerjakan soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dapat dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal berkonteks lingkungan lahan basah materi bangun ruang sisi datar berdasarkan tahapan Newman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif eksploratif. Responden dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dianalisis menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukan jenis kesalahan yang termasuk kategori sangat tinggi terjadi pada kesalahan transformasi (transformation errors), kesalahan memahami (comprehension errors), kesalahan keterampilan proses (process skills errors), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (ecoding errors). Selanjutnya siswa tidak mengalami kesalahan pada kesalahan membaca (reading erros)

References

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Delfita, O., Roza, Y., & Maimunah, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Media Pendidikan Matematika, 7(1), 1-10.

Elisya, N., Zulkarnain, I., & Kamaliyah, K. (2021). Kesalahan Siswa Smp Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Newman. Jurmadikta, 1(1), 29-40. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i1.727

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan kastolan dalam menyelesaikan soal matematika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1).542-558. http://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/696

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. Axiom, VII(1), 18–30. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom

Khusnatun, K., Danaryanti, A., & Sari, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Sma Negeri Se-Banjarmasin Utara Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Kriteria Watson. Jurmadikta, 1(3), 31-40. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v1i3.969

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1113–1120.

Nuvita, sari., Nurul, Ayu., (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Viid Smp Negeri 2 Pengasih. Jurnal LEMMA, 4(1), 38-42. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v4i2.2710

Rismawati, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 7(2), 44–68. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i1.17

Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 175–185. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7332.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45.

Suyitno, A., & Suyitno, H. (2015). Learning Therapy for Students In Mathematics Communication Correctly Based-on Application of Newman Procedure (a Case of Indonesian Student). International Journal of Education and Research, 3(1), 529–538.

Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57-68.

Utami, Y. R., & Fitrianna, A. Y. (2021). Menyelesaikan Soal Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4(5), 1245–1254. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1245-1254.

Published
2023-11-15
How to Cite
Santi, N., Fajriah, N., & Hidayanto, T. (2023). ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR BERKONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN. JURMADIKTA, 3(3), 73-85. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.2258
Section
Articles