MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKONTEKS KAWASAN LAHAN BASAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATERI PELUANG

  • Nindyta Septiastuti Pratikto Universitas Lambung Mangkurat
  • R. Ati Sukmawati Universitas Lambung Mangkurat
  • Yuni Suryaningsih Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Motivasi belajar, Team Games Tournament, Quizizz

Abstract

Motivasi belajar siswa dapat dilihat dari ketercapaian indikator-indikator motivasi belajar. Beberapa indikator motivasi belajar tersebut masih belum terlihat pada saat pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu alternatifnya adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran matematika berbantuan Quizizz dimana LKPD dan evaluasi yang digunakan berkonteks kawasan lahan basah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan motivasi belajar dan hasil belajar siswa serta mengetahui hubungan motivasi belajar dan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan Quizizz. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa SMP Negeri 2 Banjarmasin kelas VIII H tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah rata-rata, persentase dan uji korelasi. Setelah proses pembelajaran berkonteks kawasan lahan basah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament berbantuan Quizizz, hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat beberapa indikator motivasi belajar yang mengalami peningkatan pada setiap pertemuan, nilai motivasi belajar siswa berada di kategori baik, (2) nilai tes hasil belajar menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada di kategori tinggi, dan (3) tidak terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa.

References

Amelia, R., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Video Pendukung Pembelajaran Pada Materi Matriks Untuk Kelas XI SMA Berbantuan Media Sosial “Tiktok”. Jurmadikta, 2(1), 89-99.

Arikunto. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, K. T., Sukmawati, R. A., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Pada Materi Perbandingan Untuk Siswa Kelas VII. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1-9.

Kholisho, Y. N. (2017). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran TGT-Problem Posing. Edumatic, 49-54.

Mawaddah, S., Budiarti, I., & Aulia, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi HOTS. EDU-MAT, 14-24.

Purwanto. (2019). Analisis Korelasi dan Regresi Linier dengan SPSS 2021. Purworejo: Staia Press.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 289-302.

Rajagukguk, M. (2020). Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 45-50.

Subana, M. R., & Sudrajat. (2015). Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, . Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R. A., Ridhani, M., Aidin, M. H., Paramita, M., & Sari, D. P. (2021). Metode Drill And Practice Dalam Pembelajaran Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII Berkonteks Lahan Basah Menggunakan Multimedia Interaktif. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6 (3).

Uno, H. B. (2009). Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarsih, & Varia. (2009). Psikologi Pendidikan. Medan: Latansa Pers.

Published
2024-03-11
How to Cite
Pratikto, N., Sukmawati, R., & Suryaningsih, Y. (2024). MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKONTEKS KAWASAN LAHAN BASAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATERI PELUANG. JURMADIKTA, 4(1), 73-83. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.2257
Section
Articles