ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII PADA KONSEP KELILING DAN LUAS SEGITIGA
Abstract
Literasi matematis merupakan salah satu kemampuan literasi dasar yang harus dikuasai siswa sekolah menengah pada kurikulum merdeka. Literasi matematis adalah kemampuan untuk mengenali dan memahami matematika dalam kehidupan nyata dan membuat penilaian dan penalaran yang tepat. Ini adalah keterampilan dasar yang sama pentingnya dengan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sebanyak 23 siswa SMPN 3 Banjarmasin kelas VIIA berpartisipasi dalam penelitian ini. Alat yang digunakan adalah tes dan wawancara dengan materi yang digunakan yaitu konsep segitiga. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian dan inferensi. Pengurangan materi dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah literasi matematika yaitu. perumusan tugas, penerapan konsep dan interpretasi hasil solusi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan literasi matematika siswa berada pada kategori yang berbeda yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Persentase terbesar adalah siswa dengan literasi matematika rendah yaitu 48% dari sampel. (2) Siswa mengetahui cara menerapkan indikator pertama literasi matematika dengan benar, yaitu merumuskan tugas. Namun masih belum sepenuhnya menjawab indikator literasi matematika yang kedua yaitu penerapan konsep. Juga, para siswa tidak sepenuhnya memenuhi yang ketiga kemampuan literasi matematis.
References
Arifin, N. (2022). Penguatan Rasa Ingin Tahu Dan Pemahaman Literasi Matematika Di Sekolah Pada Era New Normal. JPKPM, 2(1), 22-27.
Colwell, J., & Enderson, M. C. (2016). When I Hear Literacy: Using Pre-Service Teachers’ Perceptions of Mathematical Literacy to Inform Program Changes in Teacher Education. Teaching and Teacher Education, 53, 63-74.
https://doi.org/10.1016/j.tate.2015.11.001
Farisal, S., Sudihartinih, E., & Sumiaty, E. (2022). Kajian Learning Obstaclepada Keliling Segiempat Ditinjau dari Literasi Matematis oleh PISA 2021. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(3), 2895-2907. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1145
Janah S. R., Suyitno H., & Rosyida I. (2019). Pentignya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Jatisunda, M. G., Nahdi, D. S., & Suciawati, V. (2020). Literasi Mahasiswa Administrasi Statistika Publik. SJME (Supremum Journal Of Mathematics Education), 4(2), 134146.
Khoirudin A., Styawati D. R., & Nursyahida F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. Jurnal Matematika dan Pendidkan matematika. 8(2), 33-41. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Masfufah R., & Afriansyah E. A. (2021). Analisis kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika. 10(2), 291-300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
Maulana, A., Pasani, C. F., & Juhairiah. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4 Menggunakan Konteks Lahan Basah. Jurmandikta, 2(1): 1-11.
Munaroh S. A., & Effendi K. N. S. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Prosiding Sesiomadika, 4(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7652
Purnawati, A. F., Mutrofin, & Alfarisi, R. (2021). Analisis Literasi Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Matematis-Logis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar. 8(1), 40-57. https://doi.org/10.19184/jipsd.v8i1.24775
Rahmawati N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma 1, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, 381-387. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19606
Rifai & Wutsqa D. U. (2017). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4 (2), 152-162. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms
Salsabilla, I., & Hidayati, Y. M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thingking Skills ( HOTS ). Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 6(1), 92-107. https://doi.org/10.26618/jkpd.v6i1.3948
Sari, L. M., &Asmara, A. (2021). Desain soal-soal kemampuan literasi matematis untuk siswa SMP. Journal of Didactic Mathematics, 2(3), 111-121. https://doi.org/10.34007/jdm.v2i3.1002
Sari, N. L. P., Ansori, H., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Tes Formatif Segitiga dan Segiempat Berbasis HOTS dengan Konteks Masjid Sultan Suriansyah. Jurmandikta, 2(2):82-90.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. ISBN. 978-602-73403-0-5.
Septinawati D. D., Zahra S. I., Khasanah W., Anggraeni K. D., & Artanti R. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Persamaan Linear.
ProSandika (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 224-230. proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/842
Simarmata, Y., Wedyawati, N., & Hutagaol, A. S. R. (2021). Analisis Literasi Matematika Pada Penyelesaian Soal Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J-PiMat, 2(1), 100-105.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA. Syawahid, M. (2019). Mathematical Literacy in Algebra Reasoning. International Journal of Insights for Mathematics Teaching, 02(1), 33–46.
Sumirattana, S., Makanong, A., & Thipkong, S. (2017). Using realistic mathematics education and the DAPIC problem-solving process to enhance secondary school students’ mathematical literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 307–315. https://doi.org/10.1016/j.kjss.2016.06.001
Widianti, W., & Hidayanti, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 27-38. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p%25p
Wiguna I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar. 3(1), 17-26. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2296
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.