PENGEMBANGAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERKONTEKS LAHAN BASAH UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Ratna Anisa Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat
  • Juhairiah Juhairiah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pengembangan soal, kemampuan berpikir kritis, konteks lahan basah

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang sangat penting. Pada pembelajaran matematika dibutuhkan kemampuan berpikir kritis agar siswa dapat memecahkan permasalahan matematika yang materinya bersifat abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan soal materi sistem persamaan linear dua variabel berkonteks lahan basah untuk melatih berpikir kritis siswa yang valid, reliabel, memiliki daya beda yang tinggi, tingkat kesukaran soal yang baik dan mendapat respons positif dari siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan development research tipe formative evaluation. Subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket respons siswa dan lembar tes soal. Penelitian ini menghasilkan produk pengembangan berupa soal berpikir kritis dengan konteks lahan basah untuk siswa SMP/MTs yang sangat valid dengan skor rata-rata 3,585. Adapun validitas tiap butir soal yang diperoleh dari pengerjaan lembar tes siswa adalah soal 1,2,3 dan 4 dinyatakan valid. Reliabilitas soal diperoleh sebesar 0,718 dan termasuk dalam kategori reliabilitas tinggi. Berdasarkan analisis daya beda soal diperoleh rata-rata 0,452 dan dapat dikategorikan baik. Berdasarkan tingkat kesukaran soal diperoleh bahwa soal 1 dan 2 adalah soal mudah dan untuk soal 3 dan 4 adalah soal sedang. Berdasarkan angket, respons siswa terhadap soal terkategori positif.

References

Abdullah, A. A., Shanti, W. N., & Sholihah, D. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui CTL. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, V(1), 98-110.

Adyansyah, F., & Sakmina, M. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. STKIP Bina Bangsa Getsempena, IV(1), 37-47.

Ajizah, R., Karim, & Suryaningsih, Y. (2023). Pengembangan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan Konteks Lahan Basah untuk Siswa SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika, IX(1), 134-145.

Arsyad , M., Rachmayanie, R., & Sulistiyana. (2021). Pilar Tridarma Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lambung Mangkura: Bimbingan dan Konseling Lahan Basah. Yogyakarta: Deepublish.

Astuti, P., Indaryani, & Purwoko. (2017). Pengembangan LKS untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Jurnal Gantang, II(2), 145-155.

Burhannudin, T. R. (2015). Pendidikan Umum dalam Prespektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan. Metode Didaktitik, IX, 49-59.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Fardani, Z., & Surya, E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Membangun Karakter Bangsa. Medan: Universitas Negeri Medan.

Hamidah, Hidayat, W., Sariningsih, R., Sumarmo, U., & Zukarnaen, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik. Jurnal Pengajaran MIPA, XVII(1), 17-33.

Hanifah, Maizora, S., & Riyani, R. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemahamanan Relasional pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, I(1), 60-65.

Johnson, E. B. (2010). Context Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Masrukan, & Sulistiani, E. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612.

Maulana, A., Pasani, C. F., & Juhairiah. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4 Menggunakan Konteks Lahan Basah. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, II(1), 1-11.

Rakhmawati M, R., & Syutharidho. (2015). Pengembangan Soal Berpikir Kritis untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, VI(2), 219-227.

Published
2024-07-27
How to Cite
Anisa, R., Fajriah, N., & Juhairiah, J. (2024). PENGEMBANGAN SOAL MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERKONTEKS LAHAN BASAH UNTUK MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA. JURMADIKTA, 4(2), 22-33. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2206
Section
Articles