PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERBASIS KONTEKS LINGKUNGAN LAHA BASAH UNTUK SISWA KELAS X
Abstract
Pada materi sistem persamaan linear tiga variabel sering kita temukan soal pemecahan masalah berkaitan dalam kehidupan nyata. Namun sistem persamaan linear tiga variabel masih saja membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikanpermasalahan-permasalahan yang diberikan oleh guru. Untuk meningkatkan kualitas dalam proses belajar maka perlu adanya soal dengan konteks lingkungan siswa. Tujuannya ialah agar siswa dapat lebih terbuka terhadap lingkungan sekitarnya, melatih mereka untuk menganalisis permasalahan terlebih dahulu serta mempermudah pemahaman mereka terkait masalah matematika menggunakan konteks yang berada disekitar mereka. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dalam rangka menghasilkan LKPD materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berbasis konteks lingkungan lahan basah untuk siswa kelas X yang valid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D) dari Thiagarajan et al.(1974) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, pada penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan (develop) sampai uji validasi. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator melalui lembar validasi. Kemudian, dilakukan analisis kuantitatif terhadap skor yang diperoleh dari lembar validasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki skor 3,26 yang mana skor tersebut memenuhi kriteria valid namun masih memerlukan perbaikan.
References
Azkia, K. (2021). Pengembangan Modul Dalam Bentuk Buklet Berbasis Etnomatenatika Produk Kerajinan Sasirangan Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Tingkat Sekolah Menengah Atas. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Hartinah, S., & Ferdianto, F. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Memahami Materi SPLTV. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 484-492). Cirebon: Universitas Swadaya Gunung Jati.
Hasanah, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Dengan Model Problem Based Leraning (PBL) Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Developmental Research) (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Tena Sabila.
Kuswanti, Y., Sudirman, & Nusantara, T. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel ( SPLTV ). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 3 (7), 865-872.
Sari, N. R., Hidayat, W., & Yuliani, A. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Pada Materi SPLTV Ditinjau dari Self-Efficacy. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 7 (1), 93-104. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.3776
Soendjoto. (2015). Potensi, Peluang, dan Tantangan Pengelolaan Lingkungan Lahan Basah Secara Berkelanjutan. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.
Sulkipani, & Faisal, E. E. (2020). Dampak Potensial Bahan Ajar Berbasis Lingkungan terhadap Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran PPKn. Jurnal Civic Hukum , 5 (2), 136-144.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Zainuddin. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah dengan Konteks Budaya Banjar pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Zulkarnain, I., Kusumawati, E., & Marliana, L. (2018). Instrumen Penilaian Berbasis Lingkungan Lahan Basah untuk Mengukur High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 7 Banjarmasin. EDU-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika , 6 (2), 125-134. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5656
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.