META-ANALISIS: PENGARUH MODEL PBL DAN MODEL PJBL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Kajian mengenai pengaruh PBL dan model PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa telah banyak dilakukan dengan berbagai variasi hasil penelitian. Para peneliti sekarang lebih bergantung pada rangkuman penelitian yang tersedia, salah satunya menggunakan meta-analisis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan besar pengaruh dari PBL dan PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa. Artikel diperoleh melalui penelusuran menggunakan aplikasi Publish or Perish. Selanjutnya artikel tersebut diseleksi dengan 4 tahapan yaitu identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan lingkup studi. Penelitian ini menggunakan metode systematic review dengan proses meta-analisis menggunakan perhitungan Effect Size. Ada 62 artikel yang telah dianalisis. Dua puluh satu artikel model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, 33 artikel PBL terhadap hasil belajar, 2 artikel PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan 6 artikel PjBL terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan Effect Size model PBL dan PjBL terhadap kemampuan pemecahan masalah maupun hasil belajar matematika siswa berada pada kategori besar.
References
Amin, M. K. (2020). Meta-analisis Keefektifan Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Dariyah, N. (2020). Meta-analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (1), 152-158.
Hapsari, L. Z. R. & Kristin, F. (2021). Meta-analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Inovasi Penelitian. 2 (2), 651-660.
Hasyim, A. W. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek dengan Menggunakan Vlog (Video Blog). Skripsi, tidak dipublikasikan. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Paloloang, M. F. B. (2021). Pengaruh Model Blended Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa: Studi Meta-Analisis. Tesis, tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Saputri, Y. & Wardani, K. W. (2021). Meta-analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2), 935-948.
Sari, A.R. & Hardini, A.T.A. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (1), 1-8.
Seftiani, S., Zulyusri, Arsih, F., & Lufri. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7 (2), 110-119.
Shadiq, F. (2014). Belajar Memecahkan Masalah Matematik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutirman. (2013). Media dan Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syarifah, L., Holisin, I., & Shoffa S. (2021). Meta-analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14 (2), 256-272.
Tindaon, F. (2021). Meta-Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Medan.
Wijaya, S. H., & Astuti, S. (2022). Meta-analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Basicedu, 6 (3), 3736-3746.
Wulandari, D.A., Fajriah, N., & Sari, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurmadikta, 1(1):41-48.
Yuniawardani & Mawardi. (2018). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 1 (2), 24-32.
Copyright (c) 2024 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.