PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Sindy Emmalia Putri Universitas Lambung Mangkurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat
  • Indah Budiarti Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: LKPD, Problem Based Learning, persamaan kuadrat, kemampuan pemecahan masalah matematis

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah, terutama materi persamaan kuadrat. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi persamaan kuadrat untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IX SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model penelitian ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini dilakukan pada kelompok kecil pada enam peserta didik yang memiliki tingkat kemampuan rendah, sedang dan tinggi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi LKPD, lembar angket respon peserta didik, dan Tes Hasil Belajar (THB). Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid, dengan nilai validitas sebesar 87,96% (2) uji keefektifan LKPD memenuhi kriteria sangat efektif, dengan persentase ketuntasan peserta didik adalah sebesar 100%, (3) LKPD  juga memenuhi kriteria sangat praktis, dengan rata-rata respon peserta didik adalah 86%. Dengan demikian, LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi persamaan kuadrat layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

References

Ahda, H., & Amsari, P. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal MathEducation Nusantara, 6(1), 57-65.

Aisyah, N., Putri, R. I. I., & Mubharokh, A. S. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Edumath, 9(1), 29-39.

Fitria, Nofriyandi, Sthephani, A., & Suripah. (2023). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(1), 93-102.

Hidayat, Liliani, O., & Sukmawarti. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 886-894.

Herdiana, Y. (2017). Perbandingan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Antara Discovery Learning dan Problem Based Learning. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan, 2(2), 131-146.

Hidayah, F. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Berdasarkan Kesulitan Belajar Kelas VIII SMP. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kharisma, J.Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.

Maulida, E, Zulkarnain, I, & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurmadikta, 2(3):11-19.

Novianti. (2020). Analisis kesulitan pemecahan masalah persamaan kuadrat pada siswa kelas ix smp muhammadiyah 5 mariso skripsi.

Panjaitan, M., & Rajagukguk, S. R (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas X SMA. Jurnal Inspiratif,3(2), 1-17. https://doi.org/10.24114/jpmi.v3i2.8880.

Rahmah, A., Karim., & Kamaliyah. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTS. Jurmadikta, 2(1): 75-88.

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sitorus, H., & Siregar, N. (2023). Studi Literatur Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. ADIJAYA: Jurnal Multidisiplin, 1(1), 94-101.

Taufiq, D. A., & Basuki. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 303-314.

Yanti, J. K. O. F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563.

Published
2024-07-27
How to Cite
Putri, S., Zulkarnain, I., & Budiarti, I. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. JURMADIKTA, 4(2), 67-78. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2155
Section
Articles