PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH HOTS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

  • Vivi Afrianti Universitas Lambung Mangkurat
  • Hidayah Ansori Universitas Lambung Mangkurat
  • Yuni Suryaningsih Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Teorema Pythagoras, LKPD, Pembelajaran Berbasis Masalah, HOTS

Abstract

Pembelajaran di Era abad 21 menuntut peserta didik Indonesia untuk memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi. Peserta didik diharapkan ikut serta dengan aktif dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, berdasarkan hasil observasi masih didapati adanya peserta didik yang kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung disebabkan karena peserta didik masih terkendala dalam memahami konsep materi matematika. LKPD berbasis masalah HOTS merupakan salah satu media yang dapat membantu peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan melatih berpikir tingkat tinggi mereka. Penelitian pengembangan ini memiliki dua tujuan yang meliputi: (i) mendeskripsikan proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis masalah HOTS pada materi teorema pythagoras yang valid dan praktis; dan (ii) menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis masalah HOTS pada materi teorema pythagoras yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahapan yang mencakup tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, pada tahap develop dilakukan uji validitas dan uji coba produk terbatas untuk menguji produk yang dikembangkan dengan uji kepraktisan. Melalui uji validitas diperoleh rata-rata penilaian dari dua validator adalah sebesar 3,44 dengan kriteria sangat valid, sedangkan pada uji kepraktisan diperoleh rata-rata total kepraktisan dari peserta didik adalah sebesar 3,34 dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, LKPD berbasis masalah HOTS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

References

Abdillah, Dandi Mifta, & Dwi Astuti. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Topik Sudut. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190-200.

Agustina, T., Suastika, I.K., & T, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Lingkaran Kelas 5 SDN Tanjungrejo 2 Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3, 238-248.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.

Amanah, Zulkarnain, I., & Kamaliyah. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Aritmetika Sosial. JURMADIKTA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 1-13.

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34-40.

Ariandari, Weindy Pramita. (2015). Mengintegrasikan Higher Order Thinking dalam Pembelajaran Creative Problem Solving. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 489-496.

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011-1024.

Badjeber, R., & Purwaningrum, J.P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36-43.

Basri et al. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 173-182.

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(2), 920-929.

Gusyanti, Citra, & Sujarwo. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(4), 123-130.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Pusat Penilaian Pendidikan.

Mariani, R., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Krathwohl pada Siswa SMP Kelas IX. JURMADIKTA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 49-55.

Novelia, R., Rahimah, D., & S., M.F. (2017). Penerapan Model Mastery Learning Berbantukan LKPD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20-25.

Pawestri, E., & Zulfiati, H.M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 6(3), 903-913.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74-87.

Purwasi, Lucy Asri, & Nur Fitriyana. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894-908.

Purwasi, Lucy Asri, & Nur Fitriyana. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Berbantukan LKPD Berbasis HOTS. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(2), 65-74.

Sari, I. R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori APOS pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Rumah Adat Joglo Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan.

Sofyan, Herminarto, & Komariah, Kokom. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokas, 6(3), 260-271.

Suryadi, Ahmad. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 2. Sukabumi: CV Jejak.

Yulia, S., Buyung, & Relawati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bilangan di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 61-70.

Wahyuni, T.A., Fauzi, A., & Syafriani. (2018). Pengaruh LKPD Terintegrasi Materi Gelombang Gempa Bumi terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik di SMA. Pillar of Physics Education, 11(1), 169-176.

Zulfah, Fauzan, A., & Armiati. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Matematika Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 33-46.

Published
2024-07-27
How to Cite
Afrianti, V., Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH HOTS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. JURMADIKTA, 4(2), 88-100. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i2.2145
Section
Articles