PENGEMBANGAN LKPD BANGUN RUANG BERBASIS ETNOMATEMATIKA MASJID SULTAN SURIANSYAH DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Ada sebagian peserta didik yang tidak begitu tertarik dengan matematika karena menganggapnya sulit dan membosankan. Salah satu alasan utamanya adalah karena kurangnya keterkaitan antara matematika yang peserta didik pelajari di sekolah dengan kehidupan peserta didik. Karena itulah, mengadopsi pendekatan etnomatematika yang menghubungkan matematika dengan budaya lokal menjadi relevan sebagai sarana meningkatkan minat peserta didik terhadap matematika. Penelitian bertujuan mengembangkan LKPD bangun ruang berbasis etnomatematika Masjid Sultan Suriansyah di kelas VIII sekolah menengah pertama yang valid. Metode pengembangan LKPD yang dipakai yaitu Research and Development serta model pengembangan 4D. Pengembangan dilakukan hingga tahap develop dan divalidasi oleh para validator melalui lembar validasi dengan lima aspek, yaitu format, kelayakan isi, kelayakan bahasa menurut BSNP, kontekstual, serta kebudayaan. LKPD memenuhi kriteria validitas dengan persentase validitas semua aspek sebesar 85,22%. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan telah valid. Namun, penelitian lanjutan perlu dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifannya.
References
Akbar, S. (2013). Instrument perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Clements, D. & Sarama, J. (2009). Learning and teaching early math: The learning trajectories approach. British: Routledge.
Fujiati, I., & Mastur, Z. (2014). Keefektifan Model POGIL Berbantuan Alat Peraga Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(3), 174-180. DOI: https://doi.org/10.15294/ujme.v3i3.4482
Helma, & Edizon. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Peserta didik untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait dan Realistik. Jurnal Eksakta Pendidikan. 1(1). 86-92. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/39
Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurmadikta, 2(1), 23-30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1218
Khatami, N. (2022). Pengembangan LKPD Pada Materi SPTLDV Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung Di Kelas X Sekolah Menengah Atas. (Skripsi Sarjana, Universitas Lambung Mangkurat).
Marfera, E., Fajriah, N., & Noorbaiti, R. (2022). Pengembangan Lkpd Materi Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Batik Tanjung Bersinar Khas Tabalong. Jurmadikta, 2(3), 94-102. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1459
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia: 20–38. Yogyakarta, 9 Desember 2017:
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Mustamin, S. H. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 231–239.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Surabaya: Togamas.
Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Matematika Masyarakat Sidoarjo. MATHEdunesa. 1(1). DOI: https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v1n1.p%25p
Thiagarajan, S., Semmel, Dorothy S., & Semmel, Melvyn I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Arlington: Council for Exceptional Children.
Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik. 111-118.
Yuliastuti, H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Geometri Berbasis Kebudayaan Banjar Untuk Peserta didik SMP Kelas VII. (Skripsi Sarjana, Universitas Lambung Mangkurat).
Zhang, W. & Zhang, Q. (2010). Ethnomathematics and Its Integration within The Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157.
Copyright (c) 2023 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.