PENGEMBANGAN SOAL KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA

  • Agus Basriannor Universitas Lambung Mangkurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pengembangan Soal Matematika, Kontekstual, Kearifan Lokal

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang penting dalam kehidupan bahkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami soal matematika. Hal tersebut karena soal yang diajukan terkesan membosankan dan terfokus pada masalah yang sulit dibayangkan oleh siswa. Oleh sebab itu, hendaknya siswa diberikan soal yang berhubungan dengan kehidupan  secara nyata atau kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan soal kontekstual berbasis kearifan lokal pada pembelajaran matematika SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Tessmer tipe formative research mencakup tahap preliminary dan tahap formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Namun, pada penelitian ini hanya sampai pada small group. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan istrumen validasi ahli dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis uji validitas yang diisi oleh tiga orang validator menghasilkan rata-rata skor 3,62 yang berada pada kategori valid. Kemudian, berdasarkan hasil analisis uji angket respon siswa menghasilkan rata-rata skor 3,32 yang menunjukkan bahwa soal berada pada kategori praktis. Dengan demikian, soal kontekstual berbasis kearifan lokal pada pembelajaran matematika SMA/MA memenuhi kriteria valid dan praktis.

References

Faradisa, M. (2021). Pengembangan Soal HOTS Polinomial Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Published Dissertation, Bengkulu: UIN Fatmawati Sukarno.

Fatmawati, A., Pasani, C. F., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Level 5 Menggunakan Konteks Lahan Basah. Jurmadikta, 2(2), 73–81. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i2.1242

Fitri, H., Izzatin, M., & Ferryansyah, F. (2019). Pengembangan Buku Saku Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bilangan. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 1(1), 8–18. https://doi.org/10.35334/meta.v1i1.835

Kaunang, D. F., Mantiri, J., & Mangelep, N. O. (2018). Pengembangan Soal Literasi Matematika Berbasis Kearifan Lokal Minahasa Untuk Siswa SMP. Frontiers: Jurnal Sains dan Teknologi. https://doi.org/10.36412/frontiers/001035e1/agustus201801.11

Letriana, L. (2016). Pengembangan Soal Berbasis Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel untuk Siswa SMP 1. Jurnal Seminar Nasional, (2010), 1–13.

Mubarok, M. . (2021). Analisis Kendala Proses Pembelajaran Matematika di SMA Terbuka Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Gambut Tahun Pelajaran 2020/2021. 1–18.

Mujib Anshari, A., Pasani, C. F., & Noorbaiti, R. (2023). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Level 5 Menggunakan Konteks Lahan Basah. Jurmadikta, 3(2), 56–67. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i2.1242

Ningsih, R., & Annajmi, A. (2020). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMA. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.492

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sugiyono (2011:188). (2015). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono (2011:188), 151.

Suherman, E. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 133.

Ulfah, A., Pasani, C. F., & Kamaliyah, K. (2021). Pengembangan Tes Formatif Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Siswa SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10405

Ulfah Fajarini. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2).

Wahyuni, E. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika SMP Berbasis Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Memecahkan Masalah. UIN Sunan Kalijaga, 3(September), 1–47.

Published
2023-11-15
How to Cite
Basriannor, A., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2023). PENGEMBANGAN SOAL KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA. JURMADIKTA, 3(3), 23-32. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.1886
Section
Articles