PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP/MTS
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berperan sebagai sarana pendukung pembelajaran guna meningkatkan partisipasi aktif peserta didik. Dalam ma-teri teorema Pythagoras, masih ada guru yang belum menggunakan LKPD karena keterbatasan keterampilan dalam membuat LKPD yang bisa mengaktifkan dan memudahkan peserta didik memahami materi. Sebagai upaya membantu guru dalam memberikan kesempatan luas kepada peserta didik aktif dan terlibat langsung pada pembelajaran ialah melalui pengem-bangan LKPD berbasis masalah dengan pendekatan Pendidikan Matemat-ika Realistik konteks lingkungan lahan basah agar lebih bermakna. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis masalah dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik konteks lingkungan lahan basah pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi. Hasil uji kevalidan LKPD oleh dua validator sebesar 3,13 dengan kriteria valid. Hasil uji kepraktisan dengan 21 peserta didik dan satu pendidik sebe-sar 3,71 dan 3,93 dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji keefektifan sebe-sar 90% dengan kriteria efektif. Dengan demikian, dihasilkan LKPD berbasis masalah dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik konteks lingkungan lahan basah pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif.
References
Aini, N. A., & Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Program Pendidikan Dasar, 10(1), 68-76. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/11183
Hadi, S. (2019). Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan, dan Implementasinya Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurmadikta, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1218
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Khasanah, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Iman. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. http://repository.uinjambi.ac.id/id/eprint/3410
Maimunah, Izzati, N., & Dwinata, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education dengan Konteks Kemaritiman untuk Peserta Didik SMA Kelas XI. Jurnal Gantang, 4(2), 133–142. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1530
Mawaddah, S., Noorbaiti, R., Aulia, M., Eryanto, A. N. E., & Mahlina, O. (2022). Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Konteks Lingkungan Lahan Basah Khas Kalimantan Selatan. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 24. https://doi.org/10.20527/edumat.v10i1.12062
Maulidta, H., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran In-teraktif Berbasis Adobe Flash untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas III SD. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 6(5), 681-692.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmah, A., Karim, K., & Kamaliyah, K. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTS. Jurmadikta, 2(1), 75-88.
https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1224
Rewah, V., Sulangi, V., & Salajang, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Berbasis Masalah Menggunakan PMR Teorema Pythagoras. Sora Journal of Mathematics Education, 2(1), 35-41.
https://doi.org/10.30598/sora.v2.i1.p35-41
Silvia, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika pada materi garis dan sudut. Hipotenusa: Journal of Mathemat-ical Society, 1(2), 38-45. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45
Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Per-sada
Widoyoko. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wulandari, L., & Riajanto, M. L. E. J. (2020). Analisis Kesulitan Peserta didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 61-67.
https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p61-67
Yadrika, G., Amelia, S., & Roza, Y. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras dan Lingkaran. JPPM, 12(2), 195–212.
Yusmita, R., Danayarti, A., & Amalia, R. (2022). Pengembangan LKPD Bercirikan Pendidikan Matematika Realistik pada Materi Pecahan di Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Lambung Mangkurat.
Copyright (c) 2023 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.